Gulungan Kabel di MRT Lebak Bulus Terbakar, Kontraktor Ditegur

Hans Henricus BS Aron - detikNews
Rabu, 04 Jul 2018 19:43 WIB
Terminal MRT segmen Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Yuni Ayu Amida/detikcom)
Jakarta - PT MRT Jakarta menyebut terbakarnya gulungan kabel di jalur layang MRT Lebak Bulus pada Selasa (3/7) akibat kelalaian pekerja. PT MRT menegur kontraktor Metro One Consortium, yang lalai mengawasi perusahaan subkontraktor.

"Penyebab kebakaran bukan korsleting listrik karena belum ada aliran listrik. Ditemukan sejumlah puntung dan bungkus rokok di lokasi terjadinya kabel yang terbakar," ujar Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah dalam keterangannya, Rabu (4/7/2018).



Insiden ini, menurutnya, terjadi karena lemahnya pengawasan oleh kontraktor terhadap pekerjaan subkontraktor di lapangan, termasuk lemahnya aturan larangan merokok. Karena itu, PT MRT Jakarta menerbitkan surat teguran keras kepada kontraktor Metro One Consortium.

"Memerintahkan kontraktor Metro One Consortium memberikan teguran dan tindakan keras kepada subkontraktor PT Asahi Kokusai Techneion Indonesia (AKTI)," sambung Tubagus.

Selain itu, PT MRT Jakarta memberhentikan supervisor yang bertugas pada saat terjadinya kabel yang terbakar dari lokasi proyek. (fdn/hns)