detikNews
Rabu 04 Juli 2018, 15:00 WIB

Pertimbangkan Anies-Aher, Sekber: Anies-AHY Nggak Mungkin

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Pertimbangkan Anies-Aher, Sekber: Anies-AHY Nggak Mungkin AHY saat menghadiri pelantikan Anies Baswedan di Istana. (Foto: Pool/Biro Setpres)
Jakarta - Sekretariat Bersama (Sekber) Indonesia menanggapi wacana duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang digagas Partai Demokrat. Sekjen Sekber Indonesia, M Idrus, menganggap wacana itu tak akan terealisasi.

"Kalau poros tengah nggak mungkin adalah. Demokrat cuma nawar-nawarin aja," kata Idrus kepada wartawan, Rabu (4/7/2018).



Idrus lalu mengungkit taktik Demokrat di Pilkada 2017. Saat itu, PD mengusung pasangan AHY-Sylviana Murni.

"Dari dulu juga ibaratnya waktu Pilkada DKI Jakarta, juga cuma ngasih ruang-ruang aja kepada Gerindra dan PKS. Akhirnya alhamdulillah Gerindra-PKS dan PAN bersama-sama untuk memenangkan Anies dan Sandi," ucap Idrus.

Anies, yang berpasangan dengan Sandiaga Uno, diusung Gerindra-PKS di putaran pertama Pilgub DKI 2017. Di putaran kedua, PAN bergabung dengan koalisi Gerindra-PKS. Bagi Idrus, sejarah akan membuat Anies bertahan bersama koalisi 3 partai itu. Meski demikian, Sekber ditegaskan Idrus tak akan meminta parpol mengusung Anies.

"Sangat yakin (Anies di koalisi Gerindra-PKS-PAN) dan kita sampai hari ini Sekber tak akan secara khusus minta," ucapnya.



Lagi pula, kata Idrus, Demokrat tak berada di dalam Sekber. Dia yakin pihak-pihak yang berada dalam Sekber akan tetap bersama pada 2019.

"Kami meyakini bahwa sampai hari ini Gerindra-PKS-PAN solid mendukung salah satu calon. Apa pun keputusan dari partai politik, kita sebagai yang ditugaskan untuk di Sekber siap bekerja keras untuk memenangkan dan mengalahkan rezim Jokowi ke depan," ucapnya.

Sebelumnya, beredar pula poster duet Anies Baswedan-Ahmad Heryawan (Aher). Idrus menyebut ini tersebar di dunia maya, tapi jadi pertimbangan Sekber.

"Jadi, itu poster itu dari netizen yang ramai dan itu bagaimanapun kan aspirasi dari masyarakat yang berkembang," kata Idrus.
(gbr/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com