DetikNews
Rabu 04 Juli 2018, 13:19 WIB

Disaksikan Ustaz Abdul Somad, Aceh Terus Kembangkan Kebun Kurma

Moch Prima Fauzi - detikNews
Disaksikan Ustaz Abdul Somad, Aceh Terus Kembangkan Kebun Kurma Foto: Dok ACT
Jakarta - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengembangkan sektor agrobisnis berkonsep intergrated farming di Aceh yang salah satunya adalah komoditas kurma. Upaya yang dilakukan melalui ACT Aceh itu bekerja sama dengan Baitul Mal Barbate, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia dan pihak perbankan.

Dijelaskan oleh Kepala Cabang ACT Aceh Hisaini Ismail, adanya MoU tersebut dimaksudkan untuk mendorong pengembangan sektor agrobisnis di Aceh khususnya Lembah Barbate. Pengembangan bisnis itu sendiri menggunakan pendekatan sosial dan bisnis.

"Target awal akan mulai kita kembangkan komoditi kurma, serai wangi, dan ternak di kawasan Lembah Barbate, Blang Bintang, Aceh Besar dengan konsep integrated farming. Kotoran ternak akan jadi pupuk kemudian sisa ampas serai wangi dan pohon pisang akan jadi makan ternak," papar Husaini dalam keterangan tertulis, Rabu (4/7/2018).


Penandatanganan dilaksanakan di Lembah Barbate, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, pada Selasa (3/7). Acara tersebut disaksikan oleh Ustaz Abdul Somad yang hadir ke Lembah Barbate dalam rangka peluncuran Gerakan Wakaf 1.550 pohon kurma.

Disaksikan Ustaz Abdul Somad, Aceh Terus Kembangkan Kebun Kurma Foto: Dok ACT

Rektor Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc mengatakan, Aceh memiliki peluang yang sangat besar dalam hal mengembangkan sektor agrobisnis. Dia mencontohkan seperti yang dilakukan di Lembah Barbate Blang Bintang ini.


Murniati mengatakan pihaknya sudah turut andil dimulai sejak tsunami dengan menyekolahkan anak-anak di Aceh ke Tazkia dengan beasiswa penuh. Ia berharap dengan adanya MoU tersebut, sektor agrobisnis di Aceh bisa terus berkembang.

Disaksikan Ustaz Abdul Somad, Aceh Terus Kembangkan Kebun Kurma Foto: Dok ACT

"Harapannya ketika mereka kembali ke Aceh, mereka bisa membangun Aceh dalam bidang ekonomi khususnya ekonomi syariah. Alhamdulillah sekali hari ini kita sudah menandatangani MoU dengan Aksi Cepat Tanggap dalam hal pengembangan sektor agribisnis. Harapan ke depannya, pengembangan sektor ini bisa lebih maksimal dengan ditandatanganinya MoU ini," ujar Murniati.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed