Soal Wacana JK-AHY di Pilpres, Rommy: Koalisi Siapa?

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Selasa, 03 Jul 2018 23:52 WIB
Ketum PPP Romahurmuziy (Arif Syaefudin/detikcom)
Jakarta - Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) menilai wacana koalisi yang dikembangkan oleh Partai Demokrat (PD) untuk berkoalisi dengan PAN dan PKB tidak memiliki prospek untuk Pilpres 2019. Ia menyebut hingga saat ini tanda-tanda koalisi tersebut belum terlihat.

"Sejauh ini saya tidak melihat satu sinyal bahwa PKB, PAN, dan Demokrat akan bergabung satu berkoalisi. Jadi saya bisa mengatakan bahwa wacana dikembangkan oleh Demokrat sama sekali tidak memiliki prospek untuk 2019 yang akan datang," kata Rommy di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2018).


Terkait wacana Ketua Kogasma PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersanding dengan Wapres Jusuf Kalla (JK) pada pilpres, ia menuturkan, sebelum mengajukan nama, lebih baik memikirkan koalisinya terlebih dahulu.

"Sebelum berbicara tentang nama, yang penting koalisi siapa. Hari ini kalau mau mengusung koalisi di luar Pak Jokowi dan Prabowo, maka hanya tiga partai politik yang bisa bergabung bersama Demokrat, PAN, dan PKB," ujarnya.


Sebelumnya, PD tengah menggodok duet JK-AHY untuk pilpres. Meski demikian, PD menyebut mereka masih membuka opsi berkoalisi dengan partai-partai lain.

"Sikap Demokrat saat ini masih terbuka untuk semua opsi. Kami menjalin komunikasi dengan semua pihak. Dengan Gerindra, PAN, PKB, dan yang lain kami komunikasi," ujar Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahaean. (yas/dkp)