DetikNews
Selasa 03 Juli 2018, 16:30 WIB

Rupiah Melemah, Fadli Zon Bicara Krisis di Indonesia

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rupiah Melemah, Fadli Zon Bicara Krisis di Indonesia Foto: Fadli Zon. (Tsarina Maharani/detikcom).
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyoroti pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Fadli memandang akan ada krisis jika pemerintah tak bisa mengontrol rupiah.

"Menurut saya pemerintah ini harus serius dalam persoalan harga, apa, depresiasi rupiah ini. Depresiasi rupiah ini biasanya selalu diikuti dengan krisis jika tidak bisa me-manage," kata Fadli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Fadli menyatakan, pemerintah harusnya punya cara untuk menjaga nilai tukar rupiah. Dia menyebut, jika berkaca pada kondisi saat ini, rupiah bisa menembus angka Rp 15.000 terhadap dolar AS.


"Ya pemerintah harusnya mempunyai satu mekanisme bagaimana bisa melakukan satu proteksi terhadap rupiah kita. Sekarang ini kan seperti tidak ada satu proteksi. Dulu di masa lalu dulu ada namanya manage floating account, manage floating regime, tetapi sekarang ini di dalam open capital account yang begitu bebas, seolah-olah tidak ada lagi, diserahkan saja," urai Fadli.

"Ini kan bisa menembus Rp 15 ribu dan ini punya implikasi bisnis usaha termasuk sektor swasta yang bisa memberatkan," klaim dia.


Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat terhadap rupiah. Bahkan, siang ini dolar AS menyentuh level Rp 14.450.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memastikan BI siap melakukan stabilisasi. Dia menuturkan, BI siap melakukan intervensi, baik di pasar valuta asing (valas) maupun SBN.
(gbr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed