Unibraw dan Unpad Jadi PTN Terfavorit Tahun Ini

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 03 Jul 2018 15:31 WIB
Foto: Jumpa pers soal pengumuman SBMPTN (Audrey-detikcom)
Jakarta - 10 perguruan tinggir negeri yang menjadi favorit peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini. Untuk keilmuan sains dan teknologi Universitas Brawijaya (Unibraw) menjadi terfavorit, sementara untuk keilmuan sosial hukum Universitas Padjajaran (Unpad) menjadi favorit.

Cek di Sini: Link Pengumuman SBMPTN 2018!

"10 PTN dengan pendaftar terbanyak, untuk saintek itu ada Universitas Brawijaya dengan 59.995 pendaftar. Sementara untuk soshumnya ada Universitas Padjajaran Bandung 58.827 pendaftar," kata Menristekdikti Mohamad Nasir di Kantor Kemenristekdikti, Pintu Satu Senayan, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2018).



Sementara itu 9 PTN favorit para peserta dari keilmuan saintek lainnya, berdasarkan urut-urutan jumlah pendaftar terbanyak, yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Andalas.



Nasir juga menunjukkan data 9 universitas favorit peserta dari kelimuan sosial hukum, selain Univesitas Padjajaran, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Padang dan Universitas Negeri Surabaya. (aud/rvk)