DetikNews
Selasa 03 Juli 2018, 09:41 WIB

KPK Panggil Taufik Effendi Jadi Saksi Korupsi e-KTP

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK Panggil Taufik Effendi Jadi Saksi Korupsi e-KTP Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - KPK memanggil eks Wakil Ketua Komisi II Taufiq Effendi terkait kasus korupsi e-KTP. Dia akan dimintai keterangan untuk tersangka keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan pengusaha Made Oka Masagung.

Selain Taufiq, KPK melakukan penjadwalan ulang untuk Anggota DPR Fraksi Demokrat Mulyadi. Mulyadi seharusnya diperiksa kemarin untuk kedua tersangka tersebut, namun tidak hadir.

"Ada 2 saksi yang diagendakan hari ini, Taufiq Effendi dan Mulyadi. Diperiksa dalam kasus e-KTP untuk tersangka IHP (Irvanto Hendra Pambudi Cahyo) dan MOM (Made Oka Masagung)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (3/7/2018).

KPK kini memfokuskan penyidikan kasus ini dengan memeriksa anggota DPR, baik yang masih aktif maupun sudah mantan. Pemeriksaan tersebut untuk mendalami dugaan aliran dana e-KTP ke sejumlah pihak, terutama dengan terungkapnya nama baru di persidangan.

KPK tengah menelusuri aliran dana korupsi megaproyek itu ke kegiatan Golkar Jawa Tengah pada tahun 2012 dengan memeriksa elitenya. Selain aliran dana, KPK mencari tahu siapa yang mengarahkan penggunaan duit untuk kegiatan Golkar Jawa Tengah tersebut.
(nif/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed