DetikNews
Senin 02 Juli 2018, 20:08 WIB

Tim Siber Bareskrim Pantau Pihak yang Coba Retas Situs KPU

Audrey Santoso - detikNews
Tim Siber Bareskrim Pantau Pihak yang Coba Retas Situs KPU Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Grandyos Zafna/detikFoto)
Jakarta - Bareskrim Polri memantau upaya peretasan situs Komisi Pemilihan Umum (KPU). Polisi menyebut sudah mengantongi data pihak-pihak yang berupaya melakukan peretasan.

"Kita dari Dirsiber juga ikut memantau siapa-siapa ini yang main. Kita sudah tahulah," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/7/2018).


Pernyataan tersebut diungkapkan Setyo saat dimintai tanggapan mengenai hasil hitung cepat (quick count) dan hitung riil (real count) yang berbeda. Dalam kegiatan pilkada, Polri memiliki peran mengamankan pelaksanaannya agar tak terjadi kecurangan.

"(Hasil quick count dan real count beda) itu tunggu dulu, jangan berasumsi seperti itu dulu," ujar Setyo.


Setyo menuturkan pascapilkada, KPU mengaku ada pihak yang berupaya meretas situs mereka. Karena itu, dia meminta masyarakat agar tidak terburu-buru menyikapi hasil penghitungan suara.

"Kemarin KPU menyatakan KPU mematikan sistem karena memang ada hacker yang menyerang. Nah, sekarang (situs KPU) sedang diperbaiki," ucap Setyo.
(aud/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed