DetikNews
Senin 02 Juli 2018, 19:25 WIB

Agendakan Periksa Ical, KPK Telusuri Duit e-KTP di Rapimnas Golkar

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Agendakan Periksa Ical, KPK Telusuri Duit e-KTP di Rapimnas Golkar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie (Ical) terkait kasus e-KTP. KPK bertujuan menelusuri dugaan duit e-KTP yang mengalir ke kegiatan Rapimnas Golkar 2012, berdasarkan informasi dari Irvanto Hendra Pambudi Cahyo.

"Salah satunya itu (soal aliran duit korupsi e-KTP ke rapimnas Golkar 2012). Salah satunya informasi itu, apakah benar," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (2/7/2018).



Sebab, menurut Basaria, seluruh informasi yang diterima KPK harus dikonfirmasi langsung kepada orang yang disebut terkait. Tidak hanya berdasarkan keterangan salah satu pihak saja.

"Jadi tidak bisa langsung ketika salah satu mengatakan digunakan untuk kegiatan Golkar, apakah tidak. Jadi tidak bisa kalau si A mengatakan digunakan untuk ini, langsung kita itu (proses). Jadi harus ada konfirmasi," tuturnya.



Untuk memeriksa seorang saksi, KPK juga dinyatakannya bergerak dengan mengantongi bukti petunjuk. "Intinya kan memanggil saksi itu apabila memiliki petunjuk," kata Basaria lagi.

Ical dipanggil KPK hari ini untuk diperiksa terkait kasus e-KTP. Namun, dia tidak hadir karena sedang berada di luar negeri. KPK akan mengagendakan kembali pemeriksaan Ical.



(nif/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed