Ternyata, Ini Alasan Perburuan Buaya Kali Grogol Disetop Sementara

Idham Kholid - detikNews
Minggu, 01 Jul 2018 10:37 WIB
Foto: Lokasi pencarian buaya di Kali Grogol. (Pradita Utama-detikcom)
Jakarta - Pencarian buaya di Kali Grogol, Jakarta Barat. dihentikan sementara agar warga tidak lagi berkumpul di lokasi sekitar jembatan. Namun begitu, tetap ada tim yang memantau dari darat.

"Kami hentikan sementara tapi tetap dipantau. Karena menghindari masyarakat itu berkumpul di kali," kata Kepala Seksi wilayah 2 BKSDA DKI Jakarta, Bambang Yudi saat dihubungi detikcom, Minggu (1/7/2018).

"Mudah-mudahan dengan begitu masyarakat bergeser dulu," sambungnya

Ternyata, Ini Alasan Perburuan Buaya Kali Grogol Disetop Sementara

Penghentian sementara ini juga ingin membuktikan buaya masih ada atau tidak di bawah jembatan, Jalan Latumenten, Jakbar. Sebab, tim juga sudah menelusuri sampai perbatasan Jelambar dengan Kali Jodo.

"Kalau dia benar-benar di situ kan (akan) muncul, lapar dia, berjemur. Tidak mungkin buaya itu selamanya di dalam air, tidak bisa. 4 jam itu udah maksimal itu, bisa mati dia, dia perlu nafas," ujarnya.

Bambang mengatakan petugas penjaga pintu-pintu air juga sudah ditanya. Namun, tidak ada melihat kemunculan buaya dalam beberapa hari ini.

"Jadi memang setelah saya telusuri itu tidak ada pembatas atau buaya itu bisa lolos ke Muara Angke atau laut, jadi bablas saja. jadi menurut hemat kami dihentikan sementara, tapi tetap dipantau dalam beberapa hari atau sampai dua minggu lah, sehingga kalau tak muncul juga berarti kami ambil kesimpulan bahwa buaya itu telah berpindah. Pindahnya kemana? bisa pindah ke laut maupun ke Muara Angke," ujarnya.


Berdasarkan laporan warga, ada tiga buaya yang terlihat di Kali Grogol, Jakarta Barat. Tiga buaya itu punya ukuran berbeda, yaitu 2,5 meter, 1,5 meter, dan sekitar 1 meter.

Satu ekor ditemukan mati, Sabtu (30/6) kemarin. Sedangkan keberadaan dua ekor lainnya masih misterius.


Saksikan juga video 'Anies soal Heboh Buaya: Ini Extraordinary, Jangan Buat Kecemasan':

[Gambas:Video 20detik]

(idh/fjp)