DetikNews
Minggu 01 Juli 2018, 10:35 WIB

Polisi Jamin Konstantinus Pemerkosa Turis Prancis Diproses Serius

Aditya Mardiastuti - detikNews
Polisi Jamin Konstantinus Pemerkosa Turis Prancis Diproses Serius Konstantinus Andi Putra, pelaku pemerkosaan WN Prancis di Labuan Bajo (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Polisi masih melengkapi berkas perkara Konstantinus Andi Putra (35), tersangka pemerkosa turis asal Prancis. Polisi menjamin Konstantinus akan diproses setimpal.

"Kasus KAP sementara masih di proses untuk melengkapi berkas perkara, dan kami secara intensif berkoordinasi dengan pihak kejaksaan," kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumawardono lewat pesan singkat, Minggu (1/7/2018).


Dari hasil pemeriksaan tersangka diketahui melakukan aksi bejatnya karena tertarik dengan turis asal Prancis tersebut. Karena ada perlawanan dari korban itulah, tersangka Konstantinus melakukan pemaksaan.

"Motif kasus ini memang pelaku hanya ingin melakukan perbuatan cabul kepada korban karena tertarik dengan para korban, karena korban diajak untuk melakukan persetubuhan dan menolak makanya yang bersangkutan memaksa para korban," urainya.

Julisa pun memastikan tersangka bakal dijerat hukum dengan tegas. Sebab, akibat perbuatan tersangka telah mencoreng pariwisata Indonesia khususnya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

"Untuk pelaku kami menjamin akan diproses secara tegas berdasarkan hukum yang berlaku," tegasnya.

Kasus pemerkosaan ini terjadi pada Selasa (12/6). Pelaku yang bukan merupakan pemandu wisata resmi awalnya mengantar korban ke lokasi air terjun Cunca Wulan di Labuan Bajo. Setelah itu, pelaku menakuti dan mengancam korban akan diperkosa bersama teman-temannya. Korban akhirnya menuruti permintaan pelaku.

Setelah melancarkan aksi bejatnya, pelaku mengantarkan korban yang mengaku sakit ke RS Siloam. Konstantinus lalu melarikan diri setelah mengantar korban ke RS Siloam.

Pelaku akhirnya ditangkap pada Jumat (22/6). Polisi berhasil meringkus Konstantinus sekitar pukul 06.30 Wita di Pelabuhan Waikelo di Sumba Barat Daya. Konstantinus ditangkap di pelabuhan saat akan kabur ke daerah Sumba Barat.
(ams/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed