DetikNews
Sabtu 30 Juni 2018, 13:15 WIB

Amien Didorong Nyapres, Gerindra Yakin PAN Usung Prabowo

Andhika Prasetia - detikNews
Amien Didorong Nyapres, Gerindra Yakin PAN Usung Prabowo Prabowo Subianto dan Amien Rais. (Foto: dok. Facebook Prabowo Subianto)
Jakarta - Partai Gerindra menghormati deklarasi terhadap Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sebagai calon presiden 2019 oleh Koalisi Ummat Madani (KUM). Meski begitu, Gerindra yakin PAN tetap mencapreskan Prabowo Subianto.

"Kami punya keyakinan dengan komunikasi kami dengan PAN, dengan Pak Amien, Bang Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan), dan tokoh PAN sekalian. Kami masih yakin PAN tetap bersama Gerindra mengusung Pak Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Tapi deklarasi ini tetap kami hargai dan kami hormati," ujar anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade saat dihubungi, Sabtu (30/6/2018).


'Kata Jokowi Soal Tantangan Duel Amien Rais', simak juga video selengkapnya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]


Terkait peluang Amien menjadi cawapres Prabowo, pihak Gerindra belum bisa memastikannya. Gerindra menyebut pembahasan cawapres Prabowo akan dibicarakan pada awal Juli.

"Kalau cawapres, kami belum bisa sebut nama karena cawapres akan dibicarakan bareng-bareng antara Pak Prabowo dan pimpinan koalisi. Musyawarah itu belum dimulai. Mungkin setelah urusan pilkada selesai, setelah tanggal 9 Juli untuk mematangkan pilpres," terang Andre.


Sebelumnya, KUM meminta Amien maju jadi capres 2019 karena dinilai mempermudah penggalangan dukungan oposisi. KUM berharap koalisi keumatan segera terbentuk untuk mencapreskan Amien.

"Pilihan terhadap Bapak Amien Rais sama sekali tidak berarti tokoh oposisi lainnya tidak layak. Namun pilihan kami ini karena kami ingin proses penggalangan kekuatan tokoh oposisi berbasis umat dapat lebih dipermudah, guna segera terbentuknya koalisi keumatan, demi #2019GantiPresiden," ujar Ketua KUM Letjen (Purn) Syarwan Hamid di Jl Cipinang Cempedak I, Jakarta Timur.

Amien Didorong Nyapres, Gerindra Yakin PAN Usung Prabowo

(dkp/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed