Petugas Pencari Buaya Pulang, Warga Masih Ramai di Kali Grogol

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 28 Jun 2018 20:02 WIB
Foto: Warga masih ramai di Kali Grogol (Arief-detik)
Jakarta - Petugas dari pemadam kebakaran sudah pulang dan menghentikan pencarian buaya di Kali Grogol, Jakarta Barat hari ini. Namun, masyarakat masih berada di lokasi.

Dari orang dewasa sampai anak-anak masih menaruh penasaran kepada sosok buaya itu. Tatapan masyarakat masih tertuju pada kali, meski kali gelap tanpa penerangan.

Salah seorang yang datang pada malam hari adalah Ajit (20), dia masih berharap melihat buaya. Dia sengaja datang pada malam hari karena tadi siang dia bekerja.

"Rumah saya dekat. Kemarin saya lihat tiga buaya ada. Ini pengen tahu aja gimana," kata Ajit saat ditemui di lokasi, Jalan Latumenten, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (27/6/2018).



Dari tadi pagi, masyarakat tumpah di lokasi pencarian. Mereka mengamati kali berharap ada buaya menampakan diri.

Masyarakat terutama anak-anak mengindahkan keselamatan dengan berada di rel kereta. Hal ini membuat was-was petugas rel kereta.

"Padahal tadi sore sudah saya kasih pembatas tali. Eh, tetep aja. Padahal kan bahaya," kata petugas rel Rosdi.

Petugas Pencari Buaya Pulang, Warga Masih Ramai di Kali GrogolFoto: Warga masih ramai di Kali Grogol (Arief-detik)


Keberadaan warga ini cukup mengganggu proses evakuasi. Mereka dianggap membuat buaya takut sehingga jarang muncul ke permukaan.

"Masyarakat terlalu banyak. Jadi buaya setres tidak berani nongol," ucap Kepala Seksi Wilayah 2, BKSDA DKI Jakarta, Bambang Yudi.



Petugas pemadam kebakaran meminta masyarakat untuk tidak menggangu proses evakuasi. Kalau bisa, hal ini tidak menjadi tontonan.

"(Masyarakat) jangan ganggu, jadi sebatas nonton aja. Sukur nggak usah ditonton karena bukan tontonan. Dan ini riskan karena yang ditangkap hewan bahaya," ucap perwira piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Barat, Eko Sumarno.

Petugas menghentikan pencarian sekitar pukul 17.30 WIB. Pencarian akan dilakukan besok pada pukul 05.00 WIB. (aik/rvk)