Anggota KPPS Nyoblos 2 Kali, Pemilihan 1 TPS di Riau Diulang

ADVERTISEMENT

Anggota KPPS Nyoblos 2 Kali, Pemilihan 1 TPS di Riau Diulang

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 28 Jun 2018 14:14 WIB
Ilustrasi/Foto: Zaki Alfarabi
Pekanbaru -

KPU menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 03 Dusun Tiga Pulau Tinggi, Kampar, Riau. Pencoblosan ulang dilakukan karena ada anggota KPPS mencoblos dua kali.

"Jadi tadi pagi kita memantau langsung jalannya PSU di lokasi itu. Terjadi kecurangan yang dilakukan anggota KPPS nyoblos dua kali," kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan Lubis kepada detikcom, Kamis (28/6/2018).

PSU di TPS 03 pilkada serentak ini digelar di ruang SDN 007 di JL Lintas Pekanbaru-Kampar Km 42 di Kecamatan Kampar.

"Pendistribusian KWK C6 dilakukan pada dini hari oleh anggota KPPS setempat dengan mendatangi langsung ke setiap rumah warga," kata Rusidi.


Tonton juga 'Duh! TPS Kebanjiran, Pemilih di Pekanbaru Basah-basahan':

[Gambas:Video 20detik]

Pada pencoblosan, Rabu (27/6), ada 120 pemilih yang mencoblos di TPS 03. Sedangkan anggota KPPS yang mencoblos dua kali mengaku mewakili istrinya yang sakit.

"Jadi kemarin pemungutan suara kita hentikan karena ada pelanggaran pemilu. Untuk surat suara yang kemarin, telah kita amankan sebagai barang bukti. Sedangkan dalan tersangka (anggota KPPS) sudah dimintai keterangan dengan disertai saksi-saksi di kantor Panwaslu Kampar," kata Rusidi.

PSU disaksikan langsung anggota komisioner KPU Riau, Syapril Abdullah, dan Rukmini. Pelaksanaan juga diawasi Panwaslu setempat.

Anggota KPPS Nyoblos 2 Kali, Pemilihan 1 TPS di Riau DiulangFoto: Andhika Akbaransyah


(cha/fdn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT