DetikNews
Rabu 27 Juni 2018, 23:11 WIB

Perjuangan Polisi Bantu Distribusi Surat Suara Pilkada di Maros

Moehammad Bakrie - detikNews
Perjuangan Polisi Bantu Distribusi Surat Suara Pilkada di Maros Foto: Moehammad Bakrie/detikcom
FOKUS BERITA: Pilkada Serentak 2018
Makassar - Pilkada serentak 2018 punya sisi lain di luar hasil pemilihan dan para calonnya. Salah satunya personel kepolisian di Maros, Sulawesi Selatan, Brigpol Nasaruddin yang rela menyeberangi sungai dan berjalan kaki sejauh 3 km untuk mengawal kotak suara dan surat suara sampai ke TPS di pelosok Maros.

Nasaruddin, yang ditugaskan untuk menjaga TPS 01 Dusun Makmur, desa Bonto Manurung, Maros, harus berjalan kaki untuk membantu dan mengawal surat suara saat didistribusikan. Hal itu terpaksa dilakukan karena lokasi hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki.


Usai pemungutan suara, Nasaruddin juga harus membantu dan mengawal distribusi kotak serta surat suara dari TPS ke kantor kecamatan untuk rekapitulasi tingkat kecamatan. Dia bahkan harus menggendong kotak suara di bahunya saat menyeberangi sungai yang berarus deras.

"Dari kemarin saya sudah di sana mengawal dan membawa kotak suara ke TPS sampai membawanya kembali ke kantor kecamatan. Medannya sangat sulit karena aksesnya tidak bisa ditempuh dengan kendaraan. Jembatan juga tidak ada, makanya harus nyebrang sungai," kata Nasaruddin, Rabu (27/6/2018).

Brigpol Nasaruddin saat menyeberangi sungaiBrigpol Nasaruddin saat menyeberangi sungai Foto: Moehammad Bakrie/detikcom
Ia mengaku sudah biasa menempuh medan berat. Namun, kali ini Nasaruddin mengaku mengalami kesulitan karena licinnya jalan akibat hujan yang terus mengguyur.


Arus sungai yang diseberangi juga semakin deras akibat hujan. Bahkan, saat mengawal surat suara dari TPS ke kantor kecamatan mereka baru bisa tiba sekitar pukul 21.00 WITa akibat beratnya medan.

"Tadi hujannya cukup deras, makanya agak terhambat perjalanan. Makanya kami sampai di kantor kecamatan sekitar pukul 21.00 WITa. Ya cukup melelahkan, tapi yang penting semua berjalan aman dan lancar," pungkasnya.
(haf/haf)
FOKUS BERITA: Pilkada Serentak 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed