DetikNews
Rabu 27 Juni 2018, 19:52 WIB

Isran-Hadi Menangi Quick Count Pilgub Kaltim Indo Barometer

Andhika Prasetia - detikNews
Isran-Hadi Menangi Quick Count Pilgub Kaltim Indo Barometer Isran Noor memenangi quick count final Pilgub Kaltim versi Indo Barometer. (Agung Pambudhy/detikcom)
FOKUS BERITA: Pilkada Serentak 2018
Samarinda - Lembaga Indo Barometer selesai menggelar quick count di Pilgub Kalimantan Timur. Quick count dimenangi Isran Noor-Hadi Mulyadi.

Quick count digelar hari Rabu (27/6/2018) setelah pencoblosan calon kepala daerah. TPS tersebar di 10 kabupaten/kota dengan margin of error +/- 1% pada tingkat kepercayaan 99%. Metode penarikan sampel TPS adalah stratified and sistematic random sampling.


Berikut hasilnya:

Andi Sofyan Hasdam-Rizal Effendi: 22,07%
Syaharie Ja'ang-Awang Ferdian Hidayat: 22,55%
Isran Noor-Hadil Mulyadi: 30,68%
Rusmadi-Safaruddin: 24,71%

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Kalimantan Timur adalah 2.335.007. Di dalamnya termasuk pemilih difabel. Adapun pemilih yang datang (partisipasi pemilih) ke TPS sebesar 53,91%. Dan yang tidak datang (golput) sebesar 46,09%. Dari total suara yang datang, sebesar 96,28% adalah suara yang sah. Adapun suara yang tidak sah berjumlah 3,72%. Data masuk 99%.

detikcom menampilkan hasil quick count sejumlah daerah yang menggelar Pilkada 2018. Kelima lembaga survei yang bekerjasama adalah Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Indo Barometer, Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Charta Politika, dan Indikator. Tak hanya quick count, ada juga data exit poll yang akan disajikan oleh SMRC. Selain itu, detikcom akan menampilkan hasil real count Pilkada Serentak 2018 oleh KPU.

Ada 8 provinsi yang hasil quick count dan real count-nya akan kami tampilkan dalam bentuk grafis data persentase, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan. Data pilkada 8 provinsi tersebut akan ditampilkan secara real time sesuai data yang masuk ke masing-masing lembaga quick count mulai 27 Juni siang. Cara memantaunya mudah, tinggal arahkan kursor atau jempol Anda ke kolom "pilih daerah" pada laman pilkada.detik.com, klik daerah pilihan, hasil hitung cepat pun akan tampil di layar Anda.
(dkp/elz)
FOKUS BERITA: Pilkada Serentak 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed