DetikNews
Rabu 27 Juni 2018, 11:25 WIB

Anies Sebut Warga Kampung Akuarium Sudah Cabut Gugatan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Sebut Warga Kampung Akuarium Sudah Cabut Gugatan Salah satu sudut di Kampung Akuarium (Foto: Eva Savitri/detikcom)
Jakarta - Warga Kampung Akuarium disebut telah mencabut gugatan kelompok atau class action yang ditujukan pada Pemprov DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pencabutan gugatan itu karena warga setempat telah melihat kinerja Pemprov DKI yang saat ini dipimpinnya.

"Betula (gugatannya sudah dicabut). Jadi warga Kampung Akuarium sudah menyaksikan dari dekat bahwa pemerintah hadir untuk melindungi, memberikan kepada mereka kepastian hukum," kata Anies di Ragunan, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2018).

Anies mengatakan warga setempat dapat kembali berkegiatan dengan normal di Kampung Akuarium. Dia mengaku sejak awal memang telah berkomitmen warga Kampung Akuarium yang sempat digusur.

"Kita apresiasi dan sebenarnya sejak awal kita berkomunikasi, mereka juga sudah menunjukkan bahwa kita akan kerja bersama," ucap Anies.


"Pencabutan itu memberikan simbolik bahwa Pemprov dan warga kerja bersama, secara hukum tidak ada masalah. Nanti insyaallah semua rencana kita di sana bisa dilaksanakan," imbuh Anies.

Sebelumnya, warga Kampung Akuarium mencabut gugatan kelompok karena pernah digusur pada 2016. Pertimbangan warga karena Anies telah berkomitmen menata dengan membuat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 878 Tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanakan Penataan Kampung dan Masyarakat.

"Untuk menghindari perbedaan putusan pengadilan dengan rencana yang diawali dengan Kepgub tersebut, warga memutuskan untuk mencabut gugatan," kata kuasa hukum warga dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nelson di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Bungur, Jakarta Pusat, Selasa (26/6).



Saksikan juga video pernyataan Anies terkait kepastian hukum warga Kampung Akuarium berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed