Pj Gubernur Sulsel Cek Kesiapan TPS di Makassar

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rabu, 27 Jun 2018 09:00 WIB
Foto: Pj Gubernur Sumarsono cek kesiapan TPS. (M Taufiqqurrahman/detikcom).
Makassar - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Sumarsono melakukan pengecekan kesiapan TPS di Makassar dalam rangkaian Pilkada Serentak 2018. Ia juga menyaksikan pengambilan sumpah dari anggota KPPS.

Pria yang akrab disapa Soni itu bersama rombongannya mengunjungi TPS 015 di wilayah Banta-bantaeng, Makassar. TPS 015 ini memiliki 374 DPT (Daftar Pemilihan Tetap) dan baru saja akan dibuka untuk pemilih.

"Jadi semua logistik lengkap?" Tanya Soni kepada petugas di TPS 015, Rabu (27/5/2018).


"Lengkap Pak. Ini baru akan dimulai TPS nya," jawab seorang anggota KPPS kepada Soni.

TPS 015 tersebut bertema Piala Dunia. Para petugas KPPS semuanya tampak memakai seragam baju bola.

Soni lalu meminta agar TPS segera dibuka. Dia meminta ingin menyaksikan langsung pengambilan sumpah para anggota KPPS yang ada di TPS tersebut. Maka, berjejerlah 6 orang anggota KPPS.


Berikut sumpah anggota KPPS:

"Demi Allah bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota KPPS dan petugas ketertiban TPS dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945

Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sunggu sungguh, jujur dan adil dan cermat demi suksesnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur atau Wali Kota dan wakil wali kota dan tegaknya demokrasi dan keadilan dan mengutamakan kepentingan NKRI daripada kepentingan pribadi dan golongan"

Usai membacakan sumpah tersebut, maka secara otomatis TPS 015 resmi dibuka.

Soni menambahkan, secara umum pelaksaan pilkada di Sulsel berlangsung lancar.


Anda pemilik hak pilih di Pilkada Serentak 2018? Jangan ragu untuk menggunakan suara Anda! Kirimkan juga foto-foto TPS unik tempat anda mencoblos ke redaksi@detik.com. Jangan lupa cantumkan nomor telepon Anda untuk kami hubungi. (fiq/elz)