DetikNews
Selasa 26 Juni 2018, 16:11 WIB

Ketua TGUPP Anies Bidang Pesisir: Tugas Kami Terkait Janji Politik

Mochamad Zhacky - detikNews
Ketua TGUPP Anies Bidang Pesisir: Tugas Kami Terkait Janji Politik Ketua TGUPP Bidang Pengelolaan Pesisir Marco Kusumawijaya (Zhacky/detikcom).
Jakarta - Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Pengelolaan Pesisir Marco Kusumawijaya mengatakan tugasnya terkait janji politik Anies-Sandi, yang akan menghentikan reklamasi di Teluk Jakarta. Tim tersebut akan menyusun masukan hingga memberi data kepada Anies-Sandi untuk membuat kebijakan terkait reklamasi.

TGUPP Bidang Pengelolaan Pesisir beranggotakan lima orang. Marco diketahui sebagai pengamat perkotaan, sedangkan empat anggota lainnya terdiri atas eks dirjen di Kementerian Kelautan dan Perikanan Sudirman Saad, eks Direktur Eksekutif Walhi Khalid Muhammad, dan eks Country Director International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI) Irvan Pulungan.

"Anggotanya saya sendiri, kemudian Bapak Sudirman Saad, kemudian Pak Muslim Muin, lalu Khalid Muhammad, lalu Irvan Pulungan. Berlima termasuk saya," kata Marco saat ditemui di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2018).


Marco menuturkan, Tim Gubernur Bidang Pengelolaan Pesisir ini sudah aktif bekerja. Karena surat keputusan pembentukan tim tersebut sudah terbit pada awal Juni.

"Kita dipanggil oleh Pak Gubernur tanggal 7 Juni, tapi kebetulan pada waktu itu saya lagi di luar kota, jadi hanya sebagian yang bertemu. Dan Pak Gubernur minta segera bekerja. Lalu, minggu lalu kami terima SK. Jadi praktis tanggal 7 kami mulai (kerja) sebetulnya," terang Marco.

Tugas tim tersebut adalah memberikan saran kepada Anies sesuai bidangnya sebelum menetapkan kebijakan. Marco menyebut tugas timnya berkaitan dengan janji politik Anies dan Wagub DKI Sandiaga Uno.

"Pesisir Jakarta itu kan hampir 40 kilometer. Sekian pulau reklamasi, ada 110 pulau yang lain dan ini kaitannya semua dengan janji politik," ujar Marco.


"Kan janji politik (Anies-Sandiaga) itu reklamasi disetop, Kepulauan Seribu dikembangkan, kampung-kampung diperbaiki tanpa digusur. Terus bagaimana kita mengelola supaya barangkali ada pantai di sepanjang 40 km itu ada yang terbuka. Itu tugas kita," imbuhnya.

Berikut keanggotaan Tim Gubernur Bidang Pengelolaan Pesisir:
1. Marco Kusumawijaya, pengamat perkotaan
2. Sudirman Saad, eks Dirjen Kelautan KKP
3. Khalid Muhammad, eks Direktur Eksekutif Walhi
4. Irvan Pulungan, eks ICLEI
5. Muslim Muin, pakar kelautan ITB

Dengan pembentukan Tim Gubernur Bidang Pengelolaan Pesisir ini, berarti sudah empat tim gubernur yang terbentuk. Pertama, Tim Gubernur Bidang Pencegahan Korupsi, yang diberi nama Komite Pencegahan Korupsi (KPK) dengan ketua eks Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Kemudian, Tim Gubernur Bidang Pembangunan yang diketuai oleh Amin Subekti. Ketiga, Tim Gubernur Bidang Harmonisasi Regulasi yang dipimpin oleh Rikrik Rizkiyana.

Yang keempat Bidang Pengelolaan Pesisir. Dengan begitu, masih ada satu bidang lagi yang belum terbentuk, yakni Tim Gubernur Bidang Ekonomi.
(zak/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed