DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 23:00 WIB

Dukung Perdamaian dan Ekonomi, Jepang Bangun Taman untuk Palestina

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Dukung Perdamaian dan Ekonomi, Jepang Bangun Taman untuk Palestina Foto: Ilustrasi (Dok. REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta - Pemerintah Jepang membangun Jericho Agro Industrial Park (JAIP) untuk mendukung perkembangan perekonomian dan perdamaian di Palestina. Dalam proyek tersebut, Jepang juga menggandeng Palestina, Israel, dan Jordan.

"JAIP adalah langkah inisiatif Jepang untuk menciptakan koridor kedamaian dan kemakmuran untuk mensupport ekonomi dan perkembangan Palestina melalui kerjasama antara Palestina, Israel, Jordan, dan Jepang," kata Press Secretary Kementerian Luar Negeri Jepang Norio Maruyama di Restoran Sumire, Grand Hyatt Hotel, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2018).

Norio menuturkan, JAIP adalah proyek unggulan yang berangkat dari inisiatif Jepang. Ia melanjutkan, proyek tersebut merupakan proyek menengah dan jangka panjang.

"Ini adalah (proyek) menengah dan jangka panjang dari Jepang. JAIP adalah proyek unggulan dari inisiatif," tuturnya.


Norio menyebutkan, pihaknya telah memberikan bantuan berupa pasokan dana untuk proyek tersebut. Ia menambahkan, dana yang telah diberikan berkisar lebih dari 21 juta US Dollar

"Jepang telah memberikan bantuan lebih dari USD 21 juta untuk pengembangan JAIP," ungkap Norio.

Ia melanjutkan, saat ini, 37 perusahaan Palestina telah menandatangi surat persetujuan penyewaan untuk proyek tersebut. Tak hanya itu, 200 warga Palestina pun telah bekerja di JAIP.

"37 perusahaan Palestina telah menandatangani persetujuan penyewaan taman tersebut. 12 perusahaan telah beroperasi. Terkait 200 warga Palestina telah dipekerjakan di JAIP. Serangkan 3400 warga Palestina lainnya akan dipekerjakan di akhir pembangunan JAIP tahap dua," ungkapnya.
(yas/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed