DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 21:44 WIB

Anies akan Sampaikan Ucapan Selamat Langsung ke Erdogan

Mochamad Zhacky - detikNews
Anies akan Sampaikan Ucapan Selamat Langsung ke Erdogan Foto: Anies Baswedan (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih sebagai presiden usai memenangkan Pilpres Turki. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku akan mengucapkan selamat secara langsung kepada Erdogan.

"Tentu akan ucapin selamat. Saya akan sampaikan selamat langsung," kata Anies saat ditemui di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2018).

Anies memang sempat bertemu Erdogan pada April 2018 lalu. Dia dan Erdogan menunaikan salat Jumat di di Masjid Ayyub al-Anshari pada Jumat (20/4).

Menurut Anies, saat dia berada di Turki itulah Erdogan memutuskan untuk nyapres. Dan pada saat mereka salat Jumat bersama merupakan hari pertama Erdogan berkampanye sebagai capres.

"Dan beliau (Erdogan) memutuskan pilpres di minggu saat bersama-sama di pekan itu. Jadi hari Jumat ketika kita berjumpa, itu di Jumat dia melakukan salat di Masjid Ayub Sultan itu banyak yang menyebut kick off kampanye dia," cerita Anies.

"Di mulai dari kickoff di hari Jumat di Masjid Ayub Sultan, masjid itu salah satu yang biasa dipakai untuk pelantikan pemimpin-pimpinan sultan era usmaniyah di sana. Ada simbolik untuk beliau," imbuhnya.


Anies menuturkan kemenangan Erdogan dalam pilpres tahun ini merupakan bukti kepercayaan rakyat Turki. Eks Mendikbud itu menilai kemenangan Erdogan merupakan kemenangan yang spesial.

"Ini adalah kepercayaan yang sangat besar bagi Erdogan dan juga pada perubahan sistem yang dia bawa. Ketika beliau membawa reform yang menyangkut struktur negara itu bukan sesuatu yang kecil," ujar Anies.

"Pemilu atau pilpres sekarang ini adalah pilpres pertama setelah sistem yang baru. Jadi ini satu kepercayaan yang besar dari rakyat Turki kepada Erdogan atas reformasi yanh sudah dia pimpin dan dia sekarang diamanati untuk memimpin perjalannnya ke depan," terang dia.
(zak/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed