DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 13:50 WIB

Saat JK Ditanya Tentara Australia Soal 'Orang Populer Menang Pemilu'

Rina Atriana - detikNews
Saat JK Ditanya Tentara Australia Soal Orang Populer Menang Pemilu Wapres JK saat memberi kuliah umum di Istana Wakil Presiden (Foto: Rina Atriana/detikcom)
Jakarta - Peserta pendidikan Lemhanas dari Angkatan Darat Australia, Brigjen Justin, bertanya kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tentang kecenderungan orang populer memenangkan pemilu Indonesia. Seperti apa jawaban JK?

"Pesta demokrasi di Indonesia cenderung yang menang itu yang paling populer daripada yang berpengalaman untuk betul-betul membangun watak orang di parpol di Indonesia berdasarkan pada 4 konsesus dasar negara yaitu pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, bagaimana ke depan cenderung calon parpol mementingkan diri sendiri dan parpol di atas bangsa negara?" tanya Brigjen Justin.

Hal itu ditanyakan Justin dalam kuliah umum oleh Wapres JK kepada Peserta PPRA LVII dan PPRA LVIII Tahun 2018 Lemhanas RI di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (25/6/2018).


JK tak membantah soal kecenderungan orang terkenal menang pemilu. Hanya saja dia menyebut di Indonesia tetap ada batasan-batasan soal syarat keikutsertaan dalam pemilu, salah satunya syarat pendidikan minimum.

"Jadi ya memang akibat pemilu langsung di mana pun itu yang populer yang ini... jangan lupa di Amerika juga Trump belum tentu yang terbaik banyak yang mengkritiknya tapi karena dia populer ya jadi," tutur JK.

"Saya kira dimanapun akan terjadi dalam sistem demokrasi yang terbuka namun sistem ini di Indonesia juga ada batasan-batasannya katakanlah itu pendidikan ada minimum apa gitu kan," imbuhnya.
Saat JK Ditanya Tentara Australia Soal 'Orang Populer Menang Pemilu'Foto: Brigjen Ausin, tentara Australia saat bertanya ke JK (Rina/detikcom)

Menurut JK, keterpilihan orang populer itu juga merupakan hasil pilihan rakyat. Inti dari demokrasi sendiri adalah penyaluran suara rakyat.

"Inti demokrasi adalah pilihan rakyat," jelas JK.


(rna/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed