DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 12:30 WIB

Prabowo: Bahaya! Utang Pemerintah-BUMN-Lembaga Hampir Rp 9.000 T

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Prabowo: Bahaya! Utang Pemerintah-BUMN-Lembaga Hampir Rp 9.000 T Presentasi Prabowo soal utang RI. (Gibran/detikcom)
FOKUS BERITA: Serangan Prabowo
Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra melontarkan kritik atas utang Indonesia saat ini. Mengutip data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Prabowo menyebut total utang RI sampai hari ini hampir Rp 9.000 triliun.

Prabowo menampilkan slide tentang utang RI. Di bawah slide itu, tampak sumber data yang dipakai Prabowo adalah 'Statistik Uang Sektor Publik, Kementerian Keuangan, 2018, Asumsi Kurs Rp 14.000 per US$ 1; Per Tutup Tahun 2017'.

"Utang-utang kita sudah sangat membahayakan. Selain utang pemerintah, ada utang lembaga-lembaga keuangan milik pemerintah dan utang-utang BUMN. Kalau dijumlahkan sungguh sangat besar," ucap Prabowo di Jl Widya Chandra IV, Jakarta, Senin (25/6/2018). Pernyataan 'berbahaya' itu disampaikan Prabowo dengan mengutip data lembaga Moody's yang jadi sumber rujukan berita Bloomberg.

Prabowo mengkritik utang RI.Prabowo mengkritik utang RI. (Gibran/detikcom)


Slide itu menampilkan data utang pemerintah, BUMN, dan lembaga keuangan publik. Total utang tiga sektor itu dihitung Prabowo hampir Rp 9.000 triliun.

"Utang pemerintah memang Rp 4.060 triliun, tapi ada utang BUMN ditambah Rp 600 triliun. Ditambah lagi utang lembaga keuangan publik, Rp 3.850 triliun. Kalau kita jumlahkan ya hampir Rp 9.000 triliun," ucap dia.


Utang Luar Negri RI Capai Rp 5.000 Triliun Lebih, Amankah? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
FOKUS BERITA: Serangan Prabowo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed