DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 11:38 WIB

Hakim Senior Ditegur karena Share Video Pilgub Jatim di Facebook

Andi Saputra - detikNews
Hakim Senior Ditegur karena Share Video Pilgub Jatim di Facebook Ilustrasi (dok.detikcom)
Surabaya - Seorang hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya men-share sebuah video dukungan Pilgub Jawa Timur di akun Facebooknya. Atas hal itu, hakim berinisial FT itu ditegur pimpinan.

"Saya akan tegur beliau," kata Wakil Ketua PT Surabaya, Andriani Nurdin saat dihubungi detikcom, Senin (25/6/2018).


Hakim senior itu menshare pidato Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di akun Facebooknya pada Sabtu (23/6). Dalam video itu, SBY meminta masyarakat untuk memilih kandidat yang diusung PD.


Sebagaimana diketahui Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memerintahkan ASN untuk netral dalam Pilkada 2018. Hal itu sesuai dengan Pasal 2 huruf f UU Nomor 5/2014 tentang ASN. Dalam pasal itu disebutkan ASN harus menganut asas netralitas.

Netralitas ASN juga diatur dalam berbagai peraturan lainnya. Seperti PP Nomor 53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP Nomor 24/2014 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil.

Di sisi lain, Dirjen Otda Soni Soemarsono juga telah memberhentikan 125 PNS yang dinilai tidak netral dalam Pilkada 2018 ini.

"ASN lainnya ada yang diberhentikan, kena skors dan turun pangkat. 125 Orang saya tanda tangan pemberhentian, peringatan ke mereka," kata Soni Sumarsono di Makassar, Senin (25/6/2018).
(asp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed