DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 11:17 WIB

Retno Telepon Menlu Turki Ucapkan Selamat Lancarnya Pemilu Turki

Andhika Prasetia - detikNews
Retno Telepon Menlu Turki Ucapkan Selamat Lancarnya Pemilu Turki Menlu Retno Marsudi (Kris/Biro Pers Setpres)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Jakarta - Pemilihan umum di Turki selesai digelar dan dimenangi Recep Tayyip Erdogan untuk posisi presiden. Menlu Retno Marsudi mengucapkan selamat atas berjalannya pemilu di sana.

"Saya sudah menelepon Menlu Turki langsung dan mengucapkan selamat atas suksesnya pemilu di sana," ujar Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2018).


Dalam penghitungan suara yang disiarkan media Turki, Erdogan unggul jauh dari pesaing terdekatnya, Muharrem Ince. Dari 96 persen suara yang masuk, Erdogan meraih 52,7 persen, sedangkan Ince hanya meraih 30,7 persen suara.

Sementara itu, di pemilihan legislatif, Partai AK meraup 43 persen suara dan sekutunya, MHP, 11 persen. Angka ini berdasarkan 98 persen suara dihitung.

Di kubu oposisi, CHP memiliki 23 persen dan Partai Rakyat Demokratik (HDP) pro-Kurdi 11 persen.


Total ada 59,39 juta pemilih yang terdaftar dalam pemilu tahun ini. Jumlah itu termasuk 3,047 juta pemilih di luar negeri. Sebanyak 180.065 kotak suara telah disebar ke 81 provinsi di Turki. Sedangkan total 3.160 kotak suara disediakan di sekitar 123 misi diplomatik Turki di sebanyak 51 negara. Diperkirakan pilpres dan pileg ini diikuti oleh 87 persen penduduk Turki.
(dkp/idh)
FOKUS BERITA: Erdogan Menang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed