DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 10:10 WIB

Didukung Jadi Anggota DK PBB, Jokowi Berterimakasih ke Jepang

Andhika Prasetia - detikNews
Didukung Jadi Anggota DK PBB, Jokowi Berterimakasih ke Jepang Pertemuan Presiden Jokowi dengan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono serta delegasi dari Jepang (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono. Jokowi mengucapkan terima kasih atas dukungan Jepang karena Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB.

"Terima kasih atas dukungan Jepang terhadap pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan PBB 2019-2020," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2018).


Saat terpilih jadi anggota tidak tetap DK PBB, Indonesia meraih 144 suara dari minimal 127 suara dan menyisihkan Maladewa yang juga maju untuk mengisi wakil kawasan Asia Pasifik.

"Mengenai hubungan bilateral, saya yakin yang mulia akan membahasnya secara komprehensif dengan menteri luar negeri Indonesia dalam pertemuan setelah ini," kata Jokowi.


Dalam pertemuan kali ini, Taro juga akan bertemu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan direncanakan meninjau proyek MRT Jakarta. Jokowi berharap hubungan bilateral Indonesia dan Jepang ditingkatkan.

"Saya ingin menyampaikan beberapa observasi antara hubungan bilateral Indonesia dengan Jepang dan bagaimana kita bisa meningkatkan kerja sama lebih baik lagi, terutama di forum internasional," ujar Jokowi.

Jokowi turut didampingi Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, dan utusan presiden untuk Jepang Rachmat Gobel. Pertemuan saat ini berlangsung tertutup.
(dkp/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed