DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 06:50 WIB

Wanita Lompat dari Angkot, Dishub Siap Cabut Trayek Jika Tak Aman

Ahmad Bil Wahiid - detikNews
Wanita Lompat dari Angkot, Dishub Siap Cabut Trayek Jika Tak Aman Lokasi Asih lompat dari angkot karena takut ditodong. (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Asih Sukarsih (32) tewas usai melompat dari angkot 30A rute Tanjung Priok-Kelapa Gading karena takut dan melihat penodongan dalam angkot. Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebut keamanan angkot merupakan tanggung jawab operator.

"Soal keamanan itu kan tanggung jawab operator, yang pasti dari dinas perhubungan akan mencabut izin trayeknya (jika tidak aman)," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah saat dihubungi, Minggu (24/6/2018).


Dishub DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan polisi terkait kasus yang menimpa Asih, Dishub DKI Jakarta akan memastikan apakah sopir angkot yang ditumpangi asih merupakan sopir utama atau bukan.

"Yang pasti kami akan melakukan koordinasi dengan kepolisian dan kami lihat juga bahaya yang timbul dari armadanya. Ketiga, kami cek juga apakah sopirnya itu benar sopirnya atau bukan. Kalau termasuk pelanggaran berat, kami akan cabut izinnya," ujar Andri.

Disub DKI Jakarta juga mengimbau agar angkot di Jakarta bergabung dengan program OK Otrip. Program itu, menurut Andri, bisa menjamin kelayakan hingga keamanan angkot.

"Kami juga mengimbau kepada semua operator yang ada di DKI Jakarta bergabung dengan OK Otrip sehingga dia terjamin kelaikannya. Sopirnya juga diatur profesionalnya, kesejahteraanya, keamanannya," imbuhnya.

Asih tewas setelah lompat dari angkot pada Sabtu (23/6) lalu. Dia takut melihat penumpang ditodong saat angkot melaju di Jalan Yos Sudarso Pintu 3 Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Polisi telah mengamankan sopir angkot karena diduga terlibat dalam aksi kejahatan tersebut. Pelaku penodongan masih dalam pencarian.

"Pelaku masih kita kejar. Cuma ada indikasi keterlibatan sopir jadi sopir sementara diamankan," ujar Kapolsek Koja Kompol Effendi ketika dihubungi detikcom, Minggu (24/6/2018).


Saksikan juga video 'Polwan Cantik 'Disandera' di Angkot':

[Gambas:Video 20detik]


(abw/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed