DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 01:55 WIB

Terbang ke Irak, Perwakilan Indonesia Bicara Dunia Tanpa ISIS

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Terbang ke Irak, Perwakilan Indonesia Bicara Dunia Tanpa ISIS Perwakilan Indonesia bertemu Menteri Wakaf Maroko, Muhammad Taufik, saat transit di Bandara Doha, Qatar, sebelum ke Irak. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Sebanyak 7 orang delegasi Indonesia berangkat ke Irak untuk mengikuti konferensi yang digelar oleh Dewan Wakaf Sunni Republik Irak. Rombongan itu dipimpin Muchlis M Hanafi yang mewakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam forum itu Muchlis akan menyampaikan materi tentang Islam yang moderat. Salah satu poin yang akan dipaparkan yakni keamanan dunia tanpa keberadaan kelompok radikal ISIS.

"Melalui forum ilmiah semacam ini, kita dapat berbagi pengalaman dalam mengembangkan dan memperbaharui wacana keagamaan yang lebih dinamis, harmonis dan humanis. Dengan bersatu, menghargai keragaman dan menghormati perbedaan kita akan mampu menciptakan dunia yang lebih aman dan damai, tanpa ISIS," kata Muchlis dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (25/6/2018).

Dia menambahkan, saat ini diperlukan upaya untuk meluruskan kesalahpahaman terhadap beberapa konsep dasar keislaman. Kesalahpahaman itu selama ini menjadi faktor kuat munculnya ekstremisme dan terorisme.

"Semua akses menuju pemikiran radikal harus ditutup rapat-rapat. Pada saat yang sama kita juga harus bergerak mempromosikan wacana keagamaan yang moderat," imbuhnya.

Menurut Muchlis, Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mendukung upaya pembangunan kembali Irak, baik di bidang politik maupun ekonomi setelah kalahnya ISIS di negara itu.

"Kita berharap ke depan akan semakin erat, terutama dalam mengembangkan pemahaman keagamaan yang moderat," ujarnya.

Sekain Muchlis, 6 perwakilan Indonesia lainnya yakni Muhyiddin Junaidi (MUI), Ikhwanul Kiram Masyhuri (Alumni Al Azhar), Saiful Mustafa (UIN Malang/NU), Fathir H Hambali (Alumni Syam), Auliya Khasanofa (Muhammadiyah), dan Thobib Al-Asyhar (Kemenag).


(abw/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed