DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 22:38 WIB

Iriawan di Rumdin Wagub Jabar, Kunjungan atau Penggeledahan?

Mukhlis Dinilah, Mochamad Solehudin - detikNews
Iriawan di Rumdin Wagub Jabar, Kunjungan atau Penggeledahan? Rumah dinas Wagub Jabar (Foto: Mochamad Solehudin)
Jakarta - Penyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal rumah dinas mantan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar digeledah oleh Pj Gubernur Jabar M Iriawan dibantah Pemprov Jabar. Seperti apa sebenarnya kejadiannya?

Kabar ini pertama kali diungkapkan oleh SBY di Hotel Santika, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/6/2018). Dia mempertanyakan alasan rumah dinas Wagub Jabar, yang sebelumnya ditempati Deddy Mizwar, digeledah oleh Pj Gubernur Jabar Komjen M Iriawan. Deddy Mizwar kini adalah cagub yang diusung Partai Demokrat.

"Di Jawa Barat, yang baru saja saya dengar, apa harus rumah dinas mantan wakil gubernur, harus digeledah, diperiksa pimpinan penjabat gubernur," kata SBY.



"Kalau tidak salah, sekarang merembet ke tempat calon wakil gubernur. Mengapa hanya pasangan ini, mengapa pasangan yang lain tidak dilakukan, karena mereka juga anggota legislatif sebelumnya," sambungnya.

Rumdin yang jadi pembahasan ini berada di Jalan Rancabentang No 24, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Rumdin ini ditempati pria yang akrab disapa Demiz itu sejak awal 2017. Namun sekitar Februari 2018, Demiz meninggalkan rumdin karena cuti kampanye Pilgub Jabar 2018. 'Jenderal Naga Bonar' itu kemudian mengontrak rumah di kawasan Dago, Kota Bandung.



Kabar penggeledahan di rumdin Wagub Jabar ini ditepis oleh Pemprov Jabar. "Yang terjadi sebenarnya adalah saya melaporkan kepada Penjabat Gubernur dan mengajak beliau melakukan peninjauan terhadap 11 aset yang dikelola Bagian Rumah Tangga pada Kamis (21/6). Salah satunya adalah rumah dinas untuk wakil gubernur mendatang," kata Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum Setda Provinsi Jawa Barat, Dedi Apendi, dalam keterangan pers Pemprov Jawa Barat, Sabtu (23/6/2018).

Bukan hanya rumah dinas wakil gubernur yang ditinjau, ada juga lokasi lain yang ditinjau. Total ada 11 titik aset yang dikelola Biro Umum Pemprov Jawa Barat, di antaranya lapangan Gazibu, Gelora Saparua, Gedung Sate, rumah dinas gubernur, rumah dinas wakil gubernur, dan aset Pemprov lainnya.

Kepala keamanan rumah dinas (rumdin) Wagub Jabar Ace Anwar membenarkan Pj Gubernur Jabar M Iriawan sempat datang beberapa waktu lalu. Namun kedatangan Iriawan bukan untuk melakukan penggeledahan, melainkan kunjungan biasa.

"Jadi salah paham. Kemarin Kamis (21/6) malam memang beliau (Iriawan) datang ke sini. Tapi bukan menggeledah. Beliau hanya ingin tahu saja lokasi (rumdin)," kata Ace saat ditemui di rumdin Wagub Jabar, Jalan Rancabentang, Kota Bandung, Minggu (24/6/2018).



Ace mengungkapkan, Iriawan tidak lama ada di rumdin tersebut. Dia memperkirakan hanya sekitar 10 menit, lalu meningkatkan lokasi.

"Nggak lama, sekitar 10 menit saja. Kemarin tuh datang sekitar 21.10 WIB, terus pulangnya pukul 21.20 WIB. Jadi nggak ada penggeledahan, hanya kunjungan biasa dan ingin tahu lokasi. Terus pas datang juga hanya lihat ruang rapat saja," katanya.

Jadi, apa yang sebenarnya dilakukan Iriawan di rumah dinas Wagub Jabar? Hanya kunjungan atau memang penggeledahan?
(imk/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed