DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 17:44 WIB

Ketinggalan Barang di Kereta? Ini Prosedur Pengambilannya

Nur Azizah Rizki - detikNews
Ketinggalan Barang di Kereta? Ini Prosedur Pengambilannya Foto: Barang-barang penumpang yang ketinggalan di kereta (Nur Azizah Rizki/detikcom)
Jakarta - Para pemudik atau penumpang yang terburu-buru dan tidak sengaja meninggakan barang bawaannya di kereta api, jangan khawatir atau panik. Anda bisa melaporkan kehilangan barang ke petugas Kereta Api dan akan difasilitasi untuk mendapatkan barang anda kembali.

Petugas Polsuska Stasiun Pasar Senen, Ahmad Yusuf, menjelaskan setelah kereta berhenti di stasiun akhir, petugas kereta api akan melakukan penyisiran. Jika menemukan barang penumpang yang tertinggal, petugas akan mengamankan dan melakukan pencatatan untuk memudahkan penumpang jika ingin mengambilnya kembali.

"Kita nerima dari laporan, jadi setiap KA berhenti itu petugas selalu melakukan penyisiran. Biasanya kalau penumpang sudah sering naik kereta api itu mereka lapor ke 121, ke customer service. Nanti dari customer service yang ngasih tahu kami ada yan penumpang yang laporan kalau barangnya tertinggal. Kalau barangnya ada, nanti penumpang yang ambil kesini," ujar Yusuf kepada detikcom di Stasiun Pasar Senen, Minggu (24/6/2018).

Ketinggalan Barang di Kereta? Ini Prosedur PengambilannyaFoto: Barang-barang penumpang yang ketinggalan di kereta (Nur Azizah Rizki/detikcom)


Penumpang yang akan mengambil kembali barang bawaannya wajib memperlihatkan identitas dan tiket kereta apinya. Mulanya, petugas akan menanyakan ciri-ciri barang yang tertinggal, setelah cocok, penumpang bisa membawa kembali barangnya tanpa dipungut biaya apapun.

"Nggak (ada tambahan biaya), langsung ambil aja," imbuhnya.


Yusuf pun mengimbau agar para penumpang selalu menjaga barang bawaannya. Dia juga memberikan sejumlah tips agar aman membawa barang bawaan di kereta api.

"Kalau dari saya, sebaiknya barang berharga itu jangan ditaruh di atas. Kalau bisa barang-barang seperti dompet, itu melekat pada diri. Kalau bawa tas selempang ya diselempangkan. Tolong perhatikan juga setiap kondektur mengingatkan untuk menjaga barang bawaan, jangan sampai tertinggal atau tertukar," ujar Yusuf.


(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed