DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 01:04 WIB

Rumdin Wagub Jabar Sudah Diserahkan Deddy Mizwar Sejak Februari

Danu Damarjati - detikNews
Rumdin Wagub Jabar Sudah Diserahkan Deddy Mizwar Sejak Februari Foto ilustrasi: sosok Deddy Mizwar yang dulu pernah menjadi wakil gubernur Jawa Barat (Instagram @deddy_mizwar)
Jakarta - Rumah dinas (rumdin) wakil gubernur Jawa Barat yang belakangan diperiksa Pj Gubernur M Iriawan itu sudah dikembalikan oleh Deddy Mizwar ke Pemprov sejak Februari lalu. Saat itu Deddy memang masih menjabat sebagai Wagub dan hendak meninggalkan fasilitas itu.

Bukti serah terima rumah dinas itu ditunjukkan oleh Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum Setda Provinsi Jawa Barat, Dedi Apendi, Minggu (24/6/2018). Pria yang akrab disapa Depen itu menunjukkan foto Berita Acara Serah Terima, tertanggal 14 Februari 2018.

Rumdin Wagub Jabar Sudah Diserahkan Deddy Mizwar Sejak FebruariBerita Acara Serah Terima Rumdin Wagub Jabar oleh Deddy Mizwar. ( Dok Pemprov Jabar)

Surat itu berkop surat "Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat: Sekretariat Daerah". Berita Acara Serah Terima ini bernomor 032/04/Um.

Dari situ terlihat bahwa Deddy Mizwar meneken serah terima rumah dinas jabatan yang beralamat di Jalan Rancabentang Nomor 24 RT 001/RW 005, Toyota Alphard bernomor polisi D-1489-A, dan Toyota Fortuner bernomor polisi D-1392-E. Selanjutnya, rumah dinas dan kendaraan dinas itu ditegaskan sebagai milik Pemprov Jawa Barat.

Serah terima rumah dinas dan dua mobil dari Deddy kembali ke Pemprov Jabar ini dibikin karena Deddy Mizwar hendak maju ke Pilgub Jawa Barat. Ini diketahui dari Pasal 1 surat ini.


"Berdasarkan peraturan perundang-undangan terkait Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah yang mencalonkan diri menjadi Gubernur/Wakil Gubernur tidak boleh menggunakan fasilitas negara dan berakhirnya masa Jabatan Wakil Gubernur Jawa Barat pada tanggal 13 Juni 2018," demikian bunyi Pasal 1.

Pihak kesatu yakni Deddy menyerahkan fasilitas rumah dinas dan dua mobil itu kepada pihak kedua yakni Riadi, Kepala Biro Umum Sekda Provnisi Jawa Barat. Deddy dan Riadi meneken surat ini.

Sebelumnya, SBY mempertanyakan kenapa Rumah Dinas yang dulu ditempati Deddy Mizwar harus digeledah oleh Pj Gubernur Komjen Mochamad Iriawan. Adapun Deddy saat ini sedang berlaga di Pilgub Jabar 2018, dia menjadi cagub dan didampingi cawagub Dedi Mulyadi, diusung Partai Demokrat. SBY menyoroti hal ini saat dia tengah berbicara perihal kecurangan aparat dalam Pilkada 2018 yang akan segera mencapai puncaknya, pemungutan suara digelar pada 27 Juni nanti.


"Di Jawa Barat, yang baru saja saya dengar, apa harus rumah dinas mantan wakil gubernur, harus digeledah, diperiksa pimpinan penjabat gubernur," kata SBY di Hotel Santika, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/6/2018).

Deddy Mizwar sendiri menilai pemeriksaan rumah dinas yang dulu ditempatinya itu barangkali dilakukukan karena Iriawan kurang yakin. Namun Deddy menyarankan agar semua pihak tak perlu paranoid sehingga melakukan pengawasan berlebihan.


"Saya kira ini yang terlalu berlebihan, saya kira saya biasa-biasa saja buat saya, tapi ini nggak harus begini lah. Saya kira bentuk kehati-hatian juga bagus, saya apresiasi, tetapi juga jangan jadi paranoid," tutur Deddy di Hotel Santika, Bogor, Sabtu (23/6/2018).
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed