DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 17:43 WIB

Poltracking: Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti di Pilgub Jatim

Faiq Hidayat - detikNews
Poltracking: Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti di Pilgub Jatim Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti (Deni Prasetyo Utomo/detikcom)
Jakarta - Poltracking Indonesia melakukan survei elektabilitas pasangan calon Gubernur Jawa Timur. Hasilnya, elektabilitas pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul dari Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno di Pilgub Jatim 2018.

Elektabilitas Khofifah-Emil memperoleh 51,8% suara dan Gus Ipul-Puti Guntur 43,5%. Sedangkan responden yang tidak menjawab 4,7%.

"Survei ini menunjukkan bahwa berdasarkan pertanyaan dengan simulasi kertas suara, Khofifah-Emil unggul dari Gus Ipul-Puti," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR dalam pemaparan di Hotel Sari Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (23/6/2018).


Poltracking Indonesia juga mengukur tingkat popularitas kandidat cagub-cawagub Jatim. Hasilnya, Khofifah mendapat 83,8% dan Gus Ipul 83,3%. Sedangkan Emil Dardak 46,8% dan Puti Guntur 45,6%. Untuk kandidat yang dipilih secara spontan oleh responden, hasilnya, Khofifah 45,1% dan Gus Ipul 39,1%.

"Bu Khofifah dan Emil Dardak itu dipersepsikan oleh publik itu relatif lebih kompeten jadi figur yang lebih cerdas dan berprestasi, itu ada datanya pernah kita rilis beberapa bulan yang lalu. Sehingga pemilih rasional itu juga mempertimbangkan menyasar itu ditambah tentu basis sosiologis," ucap Hanta.

Untuk partisipasi, Hanta mengatakan responden yang mengetahui adanya Pilgub Jatim sebesar 87,2% dan yang tidak tahu 8,9%. Sedangkan yang menjawab tidak tahu ada 3,9%.


"Apakah mereka sudah masuk DPT oleh KPU, hasil responden menjawab 'Ya' 89% dan yang menjawab 'Tidak' 4% serta 'Tidak Tahu' 7%. Untuk yang pasti mencoblos 87,8% dan yang tidak mencoblos 9% serta yang tidak tahu 2,5%. Tidak akan mencoblos 0,7%," ucap Hanta.

Survei Poltracking Indonesia dilaksanakan pada 18-22 Juni 2018 dengan metode stratified multistage random sampling di Jawa Timur. Jumlah sampel dalam Jawa Timur berjumlah 1.200 responden dengan margin of error +/- 28% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei Pilgub Jatim menjangkau seluruh 38 kabupaten dan kota secara proporsional.

Multistage sampling ke level individu responden menggunakan TPS dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berdasarkan data KPU. Terdapat 5 TPS yang dipilih secara acak di setiap desa/kelurahan dengan masing-masing TPS dipilih 2 pemilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak sistematis.
(fai/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed