DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 16:27 WIB

Jelang Pilkada, KPU Jambi Musnahkan Surat Suara Rusak

Ferdi Almunanda - detikNews
Jelang Pilkada, KPU Jambi Musnahkan Surat Suara Rusak Foto: Ferdi Almunanda/detikcom
Jambi - KPU Kota Jambi memusnahkan 22.847 lembar surat suara rusak. Pemusnahan dilakukan agar tak terjadi penyalahgunaan saat pilkada nanti.

"Semuanya yang dimusnahkan itu setelah dilakukan sortir terlebih dulu, lalu baru kita musnahkan agar tidak ada terjadi penyalahgunaan surat suara nantinya dalam pilkada nanti," ujar Ketua KPU kota Jambi Wein Arifin usai pemusnahan surat suara di Jalan Manado, Kecamatan Kotabaru, kota Jambi, Sabtu (23/6/2018).


Surat suara yang dimusnahkan itu terdiri dari 18.986 lembar surat suara bernoda, lalu 2.017 lembar surat suara berbayang dan tembus pandang. Kemudian 1.141 lembar surat suara karena potongan tidak simetris serta 701 lembar warna cetakan tidak sesuai dan 2 lembar surat suara robek.

"Pemusnahan surat suara ini juga sebagai bentuk upaya kita agar tidak dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggungjawab, apalagi dalam pemusnahan itu berbagai pihak juga menyaksikan baik dari kedua tim kampanye pasangan calon," ujarnya.


Selain itu, untuk menjaga keamanan saat pilkada nanti, Polda Jambi telah mengerahkan 2.049 personel dari berbagai kesatuan.

"Semuanya itu terdiri dari 676 personel Polda dan Polresta Jambi untuk pengamanan Pilkada di Kota Jambi, lalu 657 personel dari Polda dan Polres Merangin untuk Pilkada di Kabupaten Merangin serta 716 personel dari Polda dan Polres Kerinci untuk Pilkada di Kabupaten Kerinci," ujar Kapolda Jambi, Brigjen Mukhlis AS kepada detikcom.

"Kalau untuk personel TNI ada 805 personel yang dilibatkan, yaitu 400 personel TNI untuk Pilkada di Kota Jambi, lalu 205 personel TNI untuk di Pilkada Merangin, kemudian 200 personel TNI untuk di Pilkada Kerinci. Akumulasi semuanya ada 2.854 personel TNI/Polri yang dilibatkan," sambungnya.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed