DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 12:52 WIB

Siap-siap, Replika Obor Asian Games Bakal Keliling Kampung di Jakarta

Indra Komara - detikNews
Siap-siap, Replika Obor Asian Games Bakal Keliling Kampung di Jakarta Sandiaga memegang replika obor Asian Games 2018. (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI me-launching festival replika obor Asian Games 2018, yang akan diarak berkeliling RT-RW di kampung-kampung di Jakarta. Replika obor Asian Games ini untuk menyambut torch relay sungguhan pada Agustus mendatang.

"Hari ini kita secara resmi me-launching festival jelang obor Asian Games 2018, di mana replika obor Asian Games akan dibawa ke 267 kelurahan. Di masing-masing RT-RW akan diberikan kesempatan menampilkan tokoh masyarakat pemuda berprestasi, pemuda masjid, dan pemuda gereja, maupun pengusaha sukses dan juga pegiat masyarakat sosial maupun kesenian menjadi bagian Asian Games," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/6/2018).


Para tokoh yang terlibat untuk mengarak replika obor Asian Games akan berlari sejauh 500 meter. Satu pelari akan didampingi 10 orang dari murid-murid berprestasi.

"Masing-masing pelari yang terpilih akan berlari 500 meter di 267 kelurahan melewati RT-RW dan akan diiringi 10 regu, jadi setiap regu yang merupakan tokoh masyarakat dan murid berprestasi. Kita harapkan ini akan menggaungkan dari level terendah elemen masyarakat yang ada di seluruh wilayah Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu," ujarnya.

Sandi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga akan terlibat dalam arak-arakan replika obor Asian Games ini. Sandi berkelakar, dirinya diminta Anies ikut berlari, sedangkan mantan Mendikbud itu menunggu di garis finis.

"Saya sudah komit di 5 wilayah untuk turun, Pak Anies bilang saya yang turun ikut lari, Pak Anies tunggu di finis," canda Sandi seraya tertawa.

Sandi menjelaskan keterlibatan siswa-siswi dalam festival replika obor Asian Games ini tak mengganggu waktu sekolah. Sebab, kegiatan ini dilakukan setiap Minggu.

"Ini hari Minggu, jadi pelajar ini akan menjadi kebanggaan dan ini para pelajar juga akan membuat bendera kecil dari 45 negara yang ikut Asian Games dan bendera kecil itu akan mengiringi lintasan masing-masing RW tiap kelurahan," paparnya.


Lebih lanjut, akan ada juga keterlibatan UMKM yang ditempatkan di garis finis. Diharapkan juga kegiatan arak-arakan replika obor keliling bisa menciptakan lapangan kerja dan pergerakan ekonomi.

"Di garis finis juga ada UMKM dan ini mudah-mudahan jadi pencipta lapangan kerja dan lahan usaha bagi UMKM, nanti akan diatur para camat dan lurah," kata Sandi.

Festival replika obor keliling ini akan digelar pada 1-15 Juli 2018. Arak-arakan akan dimulai di kawasan Jakarta Selatan.

"Setiap minggu akan ada dua wilayah, jadi akan dimulai wilayah Selatan hari ini di Jakarta dan Jagakarsa akan mulai minggu depan, setelah itu Pusat dan Barat, kemudian Jakut dan Kepulauan Seribu," katanya.
(idn/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed