DetikNews
2018/06/23 10:46:51 WIB

Disoal Prabowo, Begini Perbandingan Harga LRT dengan Negara Lain

Eduardo Simorangkir - detikNews
Halaman 1 dari 8
Disoal Prabowo, Begini Perbandingan Harga LRT dengan Negara Lain Foto: Prabowo Subianto. (Ibnu Munsir/detikcom).
Jakarta - Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyebut mahalnya harga proyek Light Rapid Transit (LRT) di Palembang dan menyebut ada indikasi penggelembungan dana alias markup. Bagaimana perbandingan dengan negara lainnya?

Prabowo menyebut proyek LRT Palembang menelan dana Rp 12,5 triliun untuk panjang rel 24 kilometer. Prabowo menjelaskan bahwa harga per kilometer USD 40 juta/kilometer. Harga ini disebutnya kemahalan. Sebab, Prabowo menyebut indeks termahal LRT di dunia adalah USD 8 juta/kilometer. data ini ia peroleh dari Gubernur DKI Anies Baswedan.



"Kalau ini, Rp 12 triliun untuk 24 km, berarti 1 km 40 juta dolar. Bayangkan. Di dunia 1 km 8 juta dolar, di Indonesia, 1 km 40 juta dolar. Jadi saya bertanya kepada saudara-saudara, markup, penggelembungannya berapa? 500 persen. Ini bangsa ini pintar atau bodoh," ujar Prabowo pada acara silaturahmi kader Gerindra di Hotel Grand Rajawali, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (21/6).

Nah menurut versi pemerintah, pembangunan LRT Palembang sendiri membutuhkan biaya Rp 10,94 triliun dengan panjang keseluruhan mencapai 23,4 km. Dengan jumlah tersebut, maka besaran biaya pembangunan jalur LRT Palembang adalah Rp 467 miliar/km atau sekitar US$ 33,35 juta/km. Pihak Istana juga mengklaim ada penghematan dana Rp 13 triliun.



"Ini kan terkait dengan LRT kan hitung-hitungannya kan? Nanti diperhatikan dalam hitung-hitungannya bahwa dalam hitungan pemerintah terjadi penghematan sebanyak Rp 13 triliun," ujar tenaga ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin kepada detikcom, Jumat (22/6/2018) malam.

Begini perbandingan harga LRT dengan negara lain seperti dikutip detikFinance:
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed