DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 10:03 WIB

KPU dan Parpol Gelar Rapat Pleno Bahas DPS Pemilu 2019

Faiq Hidayat - detikNews
KPU dan Parpol Gelar Rapat Pleno Bahas DPS Pemilu 2019 Rapat pleno KPU soal DPS pemilu 2019 (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno terbuka membahas rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) pemilu 2019. Rapat ini juga dihadiri perwakilan partai politik.

Perwakilan partai politik yang sudah hadir antara lain PKB, PSI, Perindo, Partai Berkarya dan PBB. Selain itu, perwakilan Kemendagri, Kemenlu, Kemenkumham, DPR, Bawaslu dan TNI-Polri juga hadir dalam rapat pleno terbuka ini.

"Hari ini KPU akan melakukan rekapitulasi DPS 2019 jadi nanti sampai sore akan disampaikan hasil rekapitulasi DPS setiap provinsi dari 34 provinsi termasuk juga DPS luar negeri 130 perwakilan sesuai peraturan akan ditetapkan nasional hari ini," ucap Komisioner KPU Viryan Azis sebelum rapat di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (23/6/2018).


Viryan juga mengatakan pihaknya akan melakukan perbaikan DPS. Setelah itu, KPU akan menetapkan DPS sebagai daftar pemilih tetap (DPT) pada Agustus 2018.

"Ini masih DPS nanti dilanjutkan perbaikan DPS bulan Agustus akan ditetapkan DPT begitu. Ini masih DPS masih terus berjalan final nanti di bulan Agustus," ucap Viryan.


Untuk DPS luar negeri, Viryan mengatakan ada 130 perwakilan luar negeri. Namun ada 3 perwakilan yang belum memberikan data DPS luar negeri salah satunya Washington.

Laporan panitia ada 185 juta DPT dalam negeri dan 1,2 juta DPT Luar Negeri.

"Alhamdullah luar negeri dari 130 perwakilan sampai kemarin sore tinggal 3 perwakilan seperti Washington selebihnya sudah masuk perbedaan waktu ya pukul 20.00 WIB di sini, di sana masih subuh," tutur dia.
(fai/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed