DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 09:37 WIB

Aturan Legalisasi Akta untuk Pendaftar SMA di Sulsel Dihentikan

Ibnu Munsir - detikNews
Aturan Legalisasi Akta untuk Pendaftar SMA di Sulsel Dihentikan Foto: Ibnu Munsir/detikcom
Makassar - Aturan legalisasi akta kelahiran dan kartu keluarga bagi pendaftar SMA atau SMK negeri di Sulsel dihentikan. Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Makassar membenarkan hal itu.

"Hari ini kami tetap buka, tapi sesuai dengan arahan dan imbauan Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, tak ada lagi pelayanan legalisir akta lahir dan kartu keluarga (KK) bagi peserta, bagi pelajar yang hendak mendaftar SMA dan SMK negeri," kata Kadisdukcapil Makassar Nielma Palamba di Makassar, Sabtu (23/6/2018).


Meski tak ada layanan legalisasi akta lahir dan KK bagi pendaftar SMA atau SMK, layanan tersebut tetap diberikan bagi masyarakat umum. Akta dan KK yang telah masuk untuk dilegalisasi juga bakal tetap diproses.

"Tetap kami layani masyarakat yang mau legalisir akta dan kartu keluarga, tapi kalau khusus itu tidak bisa lagi," jelasnya.

"Masih banyak kita legalisir hari ini, karena mereka sudah masukkan datanya beberapa hari lalu, tapi kalau ada lagi mau legalisir sudah tidak bisa," terangnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel meminta legalisasi akta lahir dan kartu keluarga bagi pelajar yang hendak mendaftar SMA dan SMK negeri. Aturan ini pun menimbulkan dampak, terutama antrean di Disdukcapil.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed