DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 22:16 WIB

Fadli Zon Sebut Gagal Mudik, Menhub: Masyarakat Bilang Berhasil

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Fadli Zon Sebut Gagal Mudik, Menhub: Masyarakat Bilang Berhasil Menhub Budi Karya Sumadi (Edward Febriyatri Kusuma/detikcom)
Medan - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menanggapi kritik Wakil Ketua DPR Fadli Zon soal pemerintah gagal mengatasi macet mudik. Apa yang disampaikan Fadli dinilai bertolak belakang dengan laporan lapangan.

"Saya tidak ingin katakan berlebihan, masyarakat banyak bilang berhasil, Presiden bilang berhasil. Kalau bicara angka, yang paling siginifikan pengguna motor turun, kecelakaan turun, kecepatan naik, kepadatan turun," ujar Menhub Budi dalam kunjungannya di perlintasan kereta sebidang di Medan, Sumatera Utara, Jumat (22 /6/2018).


Budi mengatakan dari keempat indikator itu bisa dilihat berhasil atau tidaknya, penanganan arus mudik. Terlebih masyarakat juga merasa kenyamanan.

"Jadi saya tidak mau ngomong berhasil atau tidak berhasil, kalau dari angka itu tidak ada anomali, tentunya kalau liat dari angka itu berhasil," paparnya


Budi katakan kalaupun ada kemacetan di arus balik kemarin, semua masih dapat diatasi dengan rekayasa lalu lintas.

"Kalau pun ada (kemacetan) itu di sektor-sektor kecil, dari Jakarta balik itu sedikit. (Contra Flow) Kami cuma menunda untuk pengalihan sementara," pungkasnya


Sebelumnya, Fadli Zon menyatakan bahwa pemerintah telah gagal mengatasi macet mudik 2018. Pembangunan tol dinilai terlalu digembar-gemborkan dan ternyata tak menghasilkan solusi untuk kemacetan mudik dan arus balik.

"Rekayasa lalu lintas berupa contraflow juga tak maksimal mencegah atau sekadar mengurai kemacetan. Padahal contraflow yang diberlakukan sudah sangat panjang. Bahkan bisa jadi penerapan contraflow kali ini terpanjang dalam sejarah Indonesia. Contraflow juga mengganggu masyarakat pengguna tol reguler yang tak tahu kebijakan ini," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, Kamis (21/6/2018) kemarin.
(edo/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed