DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 21:05 WIB

Pastikan Wisata Labuan Bajo Aman, Polisi Kontak Kedubes Prancis

Aditya Mardiastuti - detikNews
Pastikan Wisata Labuan Bajo Aman, Polisi Kontak Kedubes Prancis Andi tersangka pemerkosa WN Prancis di Labuan Bajo (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Kasus pemerkosaan turis di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mencoreng pariwisata Indonesia. Kepada pihak Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, polisi memastikan kasus ini akan diusut tuntas.

"Karena yang bersangkutan korban sebatang kara di sini, kami juga sampaikan permohonan maaf kami atas kejadian yang menimpa korban," terang Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumawardono kepada detikcom, Jumat (22/6/2018).


Julisa menambahkan pihaknya juga telah bertemu dengan pihak Kedutaan Besar Prancis dan menyampaikan permintaan maaf langsung. Dia juga telah memastikan bahwa pelaku bakal dijerat hukum.

"Saya sampaikan kita melakukan pengejaran kepada pelaku. Kita sampaikan jika ada Warga Negara Prancis ada yang berwisaata sendiri atau grup silakan ke Polres Manggarai Barat kita akan bantu fasilitas untuk memberi info tidak salah sehingga aman dan nyaman," urainya.


Sebelumnya diberitakan, Konstantinus Andi Putra (35) resmi menjadi tersangka pemerkosaan WN Prancis di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penangkapan Andi dilakukan pagi tadi sekitar pukul 06.30 Wita di Pelabuhan Waikelo di Sumba Barat Daya. Saat ini pelaku sudah ditahan di Polres Sumba Barat dan rencananya aparat Polres Manggarai Barat akan menjemput pelaku, mengingat lokasi kejadian berada di wilayah hukum mereka..

Polisi sempat menerbitkan surat daftar pencarian orang (DPO). Dari tangan pelaku didapatkan sejumlah barang bukti berupa uang tunai hingga paspor.


Kasus pemerkosaan ini terjadi pada Selasa (12/6). Pelaku yang bukan merupakan pemandu wisata resmi awalnya mengantar korban ke air terjun Cunca Wulan di Labuan Bajo. Setelah itu pelaku menakuti dan mengancam korban akan diperkosa bersama teman-temannya. Korban akhirnya menuruti permintaan pelaku.
(ams/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed