detikNews
Jumat 22 Juni 2018, 18:12 WIB

Banyak Sampah di Pantai Marunda, Ini Kata Sudin LH Kepulauan Seribu

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Banyak Sampah di Pantai Marunda, Ini Kata Sudin LH Kepulauan Seribu Sampah di kawasan Pantai Marunda (Parastiti/detikcom)
Jakarta - Wilayah Pantai Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, masih dikelilingi banyak sampah yang berserakan. Kasudin Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu Yusen Herdiman menyebut pihaknya mengangkut sampah tersebut setiap pagi, tapi sampah kembali datang pada sore harinya.

"Setiap saat kapal sampah kami melakukan patroli bersihkan pantai Teluk Jakarta dari Marunda sampai Kamal Muara. Pembersihannya dilakukan pagi, lalu siang atau sore sampah datang lagi. Besoknya kita gempur lagi," kata Yusen saat dihubungi detikcom, Jumat (22/6/2018).


Yusen menuturkan pihaknya setiap hari terus melakukan pembersihan. Sampah-sampah yang ada di Pantai Marunda tak hanya sampah yang terbawa oleh arus air laut, tapi juga kiriman dari muara sungai.

"Sekitar 2 sampai 5 ton (sampah yang dibersihkan setiap hari), tergantung arah angin laut. Kami mampatkan (sampah tersebut dalam) satu truk besar," kata Yusen.

Sampah di kawasan Pantai MarundaSampah di kawasan Pantai Marunda. (Parastiti/detikcom)

Menurut Yusen, pada Hari Peduli Sampah Nasional beberapa waktu lalu, pihaknya mengangkut ratusan ton sampah yang ada di Pantai Marunda dengan mengerahkan ratusan petugas serta alat berat dan kapal. Sampah tersebut kemudian dikumpulkan dan dibawa menggunakan truk ke TPST Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Kapal sampah kami bersandar di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, dan loading sampah ke truk untuk dibawa ke Bantar Gebang," tutup Yusen.


Yusen menuturkan pihaknya akan terus berupaya mengangkut sampah-sampah di wilayah Teluk Jakarta, termasuk Pantai Marunda. Dia berjanji akan terus menyiagakan petugas untuk melakukan pembersihan.

"Ya nggak (pernah berhenti membersihkan sampah di Pantai Marunda). Petugas kami di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, libur Idul Fitri saja kemarin mereka masuk," tutupnya.

Pantauan detikcom, Jumat (22/6), Pantai Marunda dipenuhi sampah yang berserakan. Sampah rumah tangga bercampur bambu bekas bangunan memenuhi kolam yang terletak di sekitar permukiman warga. Sebagian besar sampah itu terlihat di kolong-kolong rumah panggung milik warga yang tinggal di pesisir Pantai Marunda. Air pada kolam yang digenangi sampah pun terlihat menghitam.
(yas/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed