DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 17:22 WIB

Masih Banyak Sampah Berserakan di Kawasan Pantai Marunda

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Masih Banyak Sampah Berserakan di Kawasan Pantai Marunda Foto: Sampah di kawasan Marunda (Yayas-detik)
Jakarta - Wilayah Pantai Marunda, Cilincing, Jakarta Utara masih dipenuhi oleh sampah yang berserakan. Sampah rumah tangga bercampur dengan bambu bekas bangunan pun memenuhi kolam yang terletak di sekitar permukiman warga.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (22/6/2018), sampah banyak terlihat di kolong-kolong rumah panggung milik warga yang tinggal di pesisir Pantai Marunda. Air pada kolam yang digenangi sampah pun terlihat menghitam.

Seorang warga pun sempat melarang untuk mengambil gambar sampah yang ada di sekitaran tempat tinggalnya. Ia mengatakan, sampah-sampah tersebut pun akan dibersihkan.

"Nggak usah difoto (sampah yang ada di sekitar tempat tinggalnya). Foto yang di sana aja deket pantai. Ini sampah nanti dibersihkan," kata warga tersebut.



Sementara itu melihat tepi pantai Marunda kini tidak seperti dulu. Sama halnya dengan kolong rumah warga, di beberapa sudut ditemukan tumpukan bambu bekas.

Salah satu warga Irma, yang sedang berkunjung ke Pantai Marunda menyebut pantai tersebut sudah tak senyaman dulu. Dirinya merasa terganggu dengan keberadaan sampah bambu ada di sekitar pantai tersebut.

"Keganggu sama banyak sampah bambu-bambu, jadi nggak enak dilihat. Ditambah sekarang sudah sepi, jadi kayak udah nggak terawat," sebut Irma.

Sementara itu, Kasudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Herdiman menuturkan, sampah-sampah dikarenakan banyak warga yang membuang sampah ke sungai. Ia melanjutkan, sampah yang dibuang ke sungai tersebut kemudian terbawa hingga ke laut.


Masih Banyak Sampah Berserakan di Kawasan Pantai MarundaFoto: Sampah di kawasan Marunda (Yayas-detik)


"Warga banyak buang sampah di sungai yang merupakan hulu, dan hilirnya ke laut," kata Yusen saat dikonfirmasi.

Ia pun mengimbau agar warga membiasakan diri untuk tak membuang sampah ke sungai.

"Jadi kita harus mendidik masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai," tutupnya.
(yas/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed