DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 16:24 WIB

Beri Sambutan di Paripurna HUT DKI, Anies Kutip Nagarakretagama

Mochamad Zhacky - detikNews
Beri Sambutan di Paripurna HUT DKI, Anies Kutip Nagarakretagama Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menghadiri sidang paripurna di gedung DPRD DKI dalam rangka memperingati HUT DKI ke-491. (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta - Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, menghadiri sidang paripurna di gedung DPRD DKI dalam rangka memperingati HUT DKI ke-491. Dalam memperingati HUT DKI, Anies bertekad menjadikan warga Jakarta sebagai raja di tanah sendiri.

Sidang paripurna ini digelar di gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018) pukul 15.00 WIB. Anies dan Sandiaga kompak mengenakan beskap berwarna hitam.


Sejumlah kepala dinas dan pejabat Pemprov DKI hadir dalam sidang hari ini, salah satunya Sekda DKI Saefullah. Lima pimpinan DPRD DKI juga hadir, yakni Prasetio Edi Marsudi, M Taufik, Abraham Lunggana (Haji Lulung), Triwisaksana, dan Ferial Sofyan.

Dalam sambutannya, Anies sempat menyinggung kitab 'Nagarakretagama'. Dalam kitab yang dikarang Empu Prapanca itu, disinggung mengenai cara mengelola suatu daerah.


"Cintailah rakyatmu dan berusahalah memajukan kampungmu! Jembatan, jalan, bangunan, pepohonan, dan tempat peribadatan supaya dibina. Perhatikan tanah rakyat," kata Anies mengutip kitab 'Nagarakretagama'.

"Perhatikan tanah rakyat, jangan sampai jatuh ke tangan petani besar. Agar penduduk jangan sampai terusir dan harus mengungsi ke wilayah tetangga. Tepati segala peraturan untuk membuat kampung bertambah sejahtera," imbuh dia.


Anies mengaku menjadikan pesan tersebut sebagai pedoman dalam memimpin Ibu Kota. Anies ingin pejabat pemerintah di DKI, baik di Pemprov maupun DPRD, bisa bekerja sama dengan masyarakat dalam memecahkan masalah di Jakarta.

"Mari kita buktikan bahwa di Ibu Kota ini para pemimpin dan perwakilan warganya dapat berkomunikasi, berinteraksi, dan bekerja erat dalam memecahkan masalah-masalah bersama, dan dalam keberpihakan kepada mereka yang terugikan," ujar Anies.


Anies menuturkan HUT DKI ke-491 ini harus menjadi momentum Pemprov DKI untuk meningkatkan kerja sama dengan pemerintah pusat. Eks Mendikbud itu berharap Jakarta bisa menjadi kota modern dengan masyarakat yang sejahtera.

"Kami pun berharap sinergi dengan pemerintah pusat terus diperkuat, bersama membangun Ibu Kota yang modern dan menjadi kebanggaan di dunia. Jakarta yang adil, maju, dan sejahtera," terang Anies.

Tonton juga 'HUT Jakarta, SeaWorld Hadirkan Ondel-ondel Joget di Bawah Air':

[Gambas:Video 20detik]


(zak/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed