DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 19:00 WIB

Ketua DPR Kedepankan Praduga Tak Bersalah untuk Herman Hery

Danu Damarjati - detikNews
Ketua DPR Kedepankan Praduga Tak Bersalah untuk Herman Hery Ketua DPR Bambang Soesatyo (Andhika/detikcom)
Jakarta - Anggota DPR Herman Hery dipolisikan Ronny Yuniarto Kosasih, yang mengaku dianiaya Herman. Menyikapi hal ini, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Sebagai pimpinan DPR, saya harus memakai standar asas praduga tak bersalah kepada anggota saya. Siapa pun dia," kata Bamsoet, sapaan Bambang, kepada detikcom, Kamis (21/6/2018).


Herman Hery melalui pengacaranya mengatakan akan melaporkan balik Ronny ke polisi. Menurut Bamsoet, Herman berhak melakukan langkah itu.

"Karena ini negara hukum, jika tuduhan itu dirasa tidak benar, Saudara Herman Hery juga berhak melaporkan yang bersangkutan ke kepolisian," kata dia.

Bamsoet mengimbau semua pihak tidak berlebihan menyikapi kabar dugaan penganiayaan yang diembuskan pihak Ronny itu. Soalnya, kabar itu belum terkonfirmasi oleh Herman sendiri. Menyerahkan kasus ini kepada pihak penegak hukum adalah cara yang terbaik.


Dia tak setuju bila publik menyimpulkan terlalu dini bahwa Herman bersalah. Polres Jakarta Selatan baru menerima laporan dari pihak Ronny dan memulai proses laporan itu.

"Jangan belum apa-apa yang bersangkutan sudah distigma seolah-olah bersalah. Padahal proses hukum belum berjalan," kata Bamsoet.
(dnu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed