Jika Macet, One Way akan Diterapkan di Arus Balik Gelombang 2

Marlinda Oktavian - detikNews
Kamis, 21 Jun 2018 16:47 WIB
One way (satu arah) di Tol Jakarta-Cikampek (Foto: Dok. Antara Foto)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan masih akan memberlakukan sistem contraflow atau one way di beberapa titik jalan tol arah Jakarta jika terjadi kepadatan kendaraaan. Sistem ini masih akan diberlakukan hingga puncak arus balik gelombang kedua yaitu pada Sabtu besok (23/6).

"Masih ada yang belum kembali, belum kembalinya itu karena ada anak-anak sekolah masih libur, kalau tak salah sampai 16 juli, mungkin masih menunggu anak-anak sekolah kembalinya. Nanti saya prediksikan di Sabtu dan Minggu akan jadi ramai kembali," kata Ketua Posko Harian Kemenhub, Wahju Aji di Posko Nasional Kemenhub, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/6/2018).

Terkait adanya puncak arus balik yang kedua, ia mengatakan pihak Kemenhub dan Kepolisian masih akan menggunakan sistem one way jika diperlukan pada arus balik besok. Ini bertujuan agar tidak ada kepadatan kendaraan yang ingin mengarah ke Jakarta.



"Untuk sisa yang belum kembali, ini kita kan belum tahu persis dia pulang di hari apa. Jadi semua instansi jajarannya selalu siap. One way kalo ini padat sesuai instruksi pimpinan ya kita one way, karena yang diperhitungkan puncak ini kan belum tahu di hari apa mereka kemabali sehigga harapan kamu gak menumpuk di hari yang sama," jelas dia.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa juga memprediksi ada dua puncak arus balik lebaran. Yakni tanggal 19 dan 20 Juni dan 24 Juni 2018.

"Prediksi kami hitung ya itu tanggal 20 nanti juga tanggal 19 antara dua itu. Dan nanti ada puncak kedua ketika selesai liburan anak sekolah sampai tanggal 24 hari Minggu," kata Royke di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018). (rvk/rvk)