DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 16:31 WIB

Tragedi Danau Toba, Kapolri: Nakhoda Sinar Bangun Bisa Jadi Tersangka

Ibnu Hariyanto - detikNews
Tragedi Danau Toba, Kapolri: Nakhoda Sinar Bangun Bisa Jadi Tersangka Ilustrasi/pencarian korban KM Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba. (Foto: ANTARA FOTO)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan polisi masih menyelidiki dugaan kelalaian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara. Nakhoda disebut berpotensi menjadi tersangka.

"Penyelidikan awal, kita lihat kapal ini ada kelalaian-kelalaian yang terjadi," kata Tito kepada wartawan setelah meninjau posko Tigaras, Simalungun, Sumut, Kamis (21/6/2018).

Dugaan kelalaian yang terjadi di antaranya memaksakan kapal diisi penumpang lebih dari muatan kapasitas. KM Sinar Bangun, yang tenggelam pada Senin (18/6)--sebelumnya disebut Kemenhub--hanya punya kapasitas angkut 43 orang.



Dugaan kelalaian lain adalah tidak adanya manifes penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Simanindo, Samosir, ke Tigaras. Selain itu, KM Sinar Bangun tidak memenuhi standar keselamatan dengan ketersediaan life jacket.

"Lalu, siapa kemungkinan tersangkanya? Yang pertama, tentu nakhoda yang membuat jadi over passenger. Jadi ke nakhoda yang kebetulan dia pemiliknya, dia bisa jadi tersangka," tegas Tito.

Selain itu, polisi menyelidiki dugaan kelalaian dari pihak pengawas terkait pengaturan arus lalu lintas kapal di Danau Toba. Pihak pengawas seharusnya memastikan standar keselamatan kapal.



"Di sini 17 GT jadi untuk perizinan kelayakan dan lain-lain itu jadi kewenangan Dishub provinsi, tapi untuk pemberangkatan point to point layak atau tidak itu oleh syahbandar perhubungan kabupaten. Saya tidak segan-segan meminta penyidik jangan hanya ke nakhoda, tapi ke sistemnya yang bertanggung jawab untuk pengawasan siapa," papar Tito.

"Jadi dugaan kita sementara, selain nakhoda, ada pengawasan dari Dinas Perhubungan setempat, dari kabupaten dan provinsi kita dengar keterangannya nanti," imbuh Tito.

Polisi sudah mengamankan nakhoda KM Sinar Bangun berinisial SS. SS diamankan polisi di rumahnya.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan SS saat ini diamankan di Polres Samosir. Tapi polisi belum memeriksa SS.
(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed