DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 15:55 WIB

Wagub: Aceh Wilayah Binaan KPK

Agus Setyadi - detikNews
Wagub: Aceh Wilayah Binaan KPK Foto: Ilustrasi KPK (Foto: Dhani Irawan/detikcom)
Aceh - Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) di Aceh tentang masalah pemberantasan korupsi. Tanah Rencong saat ini masuk dalam wilayah pembinaan KPK.

"Status Aceh saat ini merupakan wilayah pembinaan KPK. Dengan status ini, maka segala aspek tata kelola pemerintahan, harus pula diarahkan sedemikian rupa agar upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi bisa terlaksana dengan baik," kata Nova di depan pegawai di Kantor Gubernur Aceh, Kamis (21/6/2018).

Menurut Nova, setiap tahunnya Aceh memiliki rencana aksi pemberantasan korupsi yang telah disusun bersama. Dia mengingatkan pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) agar memahami hal tersebut.

"Dan dapat menempuh langkah-langkah strategis agar pencegahan dan pemberantasan korupsi bisa berjalan dengan baik," jelas Nova.

Selain itu, pegawai di Aceh juga diingatkan tentang masalah kinerja dan disiplin. Pemerintah Aceh, menurut Nova, telah menargetkan pemberlakuan manajemen kinerja yang merupakan salah satu target RPJM Aceh.

Hal itu juga salah satu butir MoU dengan KPK yang harus diterapkan Tahun 2019. Saat ini, Pemerintah Aceh telah menetapkan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 58 Tahun 2018 tentang Manajemen Kinerja ASN di lingkungan Pemerintah Aceh.

"Untuk penerapan manajemen kinerja, dibutuhkan dua dokumen penting yaitu Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja. SKPA harus sudah menyelesaikan dua dokumen ini dalam tahun 2018 ini," ungkap Nova.

"Kami minta keseriusan para Kepala SKPA menyelesaian dokumen ini, karena dari kedua dokumen tersebut akan menentukan target kinerja masing-masing ASN, sebagai dasar pertimbangan pemberian tambahan penghasilan bagi PNS. Untuk peningkatan kinerja ini, maka disiplin menjadi hal utama," kata Nova.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed