DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 12:09 WIB

Nenek 80 Tahun 2 Kali Hilang di Jakarta, Begini Cara Menemukannya

Danu Damarjati - detikNews
Nenek 80 Tahun 2 Kali Hilang di Jakarta, Begini Cara Menemukannya Nenek Wiece (80) yang hilang dan akhirnya ditemukan. (Dok Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan)
Jakarta - Nenek usia 80 tahun asal Depok Jawa Barat ini hilang arah tak bisa pulang sesampainya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dia sudah dua kali hilang karena pikun.

Berdasarkan keterangan pers Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Kamis (21/6/2018), nenek itu bernama Hajjah Wiece Wicakson, beralamat rumah di Wisma Harapan II, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Dia ditemukan di pinggir jalan sekitar Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu Sore (20/6) lalu dibawa ke Kantor Polisi Sektor Kebayoran Baru.


Pada Rabu (20/6) pukul 18.40 WIB sore hari, nenek yang tak tahu alamat rumahnya sendiri itu ditemukan oleh petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan. Petugas bernama Sri Wahyuni menyampaikan, Nenek itu dibawa ke Polsek Kebayoran Baru.

Tak ada kartu identitas, tak ada pula keterangan dari nenek itu karena dia sendiri pikun. Lalu bagaimana petugas Dinas Sosial dan polisi bisa tahu alamat nenek itu ada di Wisma Harapan II, Cimanggis, Depok, Jawa Barat? Jawabannya ada di gelang yang dikenakan si nenek.

"Meskipun tidak membawa kartu identitas, nenek tersebut ternyata membawa gelang tangan yang berisi alamat rumah dan kontak yang bisa dihubungi," demikian keterangan Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan.


Sri Wahyuni lantas menghubungi keluarga si nenek yang nomernya tertera di gelang itu. Usut punya usut, ternyata jarak Cimanggis Depok-Kebayoran Baru Jaksel adalah rekor terjauh yang ditempuh nenek 80 tahun ini.

"Menurut keluarganya, ibunya memang sering pergi keluar rumah, dan ini yang terjauh. Kami menyarankan untuk lebih menjaganya agar tidak kembali kesasar," kata Wahyuni.


Nenek ini pikun sejak setahun lalu, yakni setelah meninggalnya sang suami. Dia punya kebiasaan pergi ke rumah sakit meskipun tidak sakit. Dia sudah dua kali hilang dari rumah. Yang terakhir ini, ternyata dia hilang sejak 3 jam 40 menit sebelum akhirnya ditemukan petugas Dinas Sosial di Kebayoran Baru Jaksel.

Akhirnya nenek Wiece ini bisa kembali ke keluarganya. Pihak keluarga juga mengaku telah membaca tentang keberadaan Wiece via media sosial. Gelang berisi alamat dan nomor kontak serta informasi media sosial ternyata memudahkan pencarian terhadap nenek pikun ini.


(dnu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed