DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 11:44 WIB

Polisi Gelar Simulasi Tes Psikologi untuk Pembuatan SIM

Arief Ikhsanudin - detikNews
Polisi Gelar Simulasi Tes Psikologi untuk Pembuatan SIM Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Jaya Kompol Fahri Siregar. (Idham/detikcom)
Jakarta - Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta, menggelar simulasi tes psikologi untuk pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM). Simulasi itu dilakukan untuk memastikan kesiapan tes psikologi sebelum diterapkan.

Satpas SIM menyediakan kontainer berisi 28 komputer yang digunakan pemohon SIM melakukan tes. Mereka akan menjawab tiap soal dengan komputer tersebut.

"Kita ingin memastikan bahwa persiapan semuanya siap sebelum dimulai," ucap Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, kepada wartawan di kantor Satpas SIM, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (21/6/2018).



Fahri belum memastikan kapan tes psikologi akan dimulai. Dia ingin persiapan tes psikologi dilakukan dengan matang.

"Yang pasti kita akan sesegera mungkin," ucap Fahri.

Satpas SIM bekerja sama dengan lembaga psikologi dalam simulasi tersebut. Lembaga itulah yang juga menyusun soal untuk tes tersebut.

"Yang pasti, jika memang tidak mengalami masalah kejiwaan, akan lulus," ucap psikolog dari Andi Arta, Adi Sasongko.



Hasil tes psikologi pemohon SIM langsung keluar. "Saat itu bisa langsung diketahui hasilnya," ucap Adi.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya bakal menerapkan tes psikologi bagi pemohon SIM. Sejumlah aspek, dari kemampuan penyesuaian diri hingga kemampuan konsentrasi calon pengendara, akan dinilai lewat tes ini.

"Penilaian dengan menggunakan materi tes soal seperti selama ini. Jadi ada beberapa soal yang di mana soal itu sudah meliputi beberapa aspek, dalam penilaian kesehatan rohani, misalkan bagaimana penyesuaian diri seseorang tersebut, bagaimana ketahanan kerjanya, bagaimana cara adaptasinya terhadap lingkungan, bagaimana penyesuaian diri, kecermatannya, kecerdasan, kemampuan konsentrasinya," kata Fahri saat dihubungi detikcom, Rabu (20/6).
(aik/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed