DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 23:12 WIB

One Way Arus Balik di Cipali, Dawuan Macet 19 Km

Aditya Mardiastuti - detikNews
One Way Arus Balik di Cipali, Dawuan Macet 19 Km Ilustrasi one way di Cipali (Foto: Sudirman Wamad)
Jakarta - Sistem satu arah menuju Jakarta dari Tol Brebes, Cikopo-Palimanan (Cipali) diberlakukan hingga gerbang Tol Halim untuk mengurai macet. Meski begitu, kemacetan di Dawuan dan Cikarang Utama tak terhindarkan.

"Jalur utama kepadatan dari Dawuan di KM 63 sampai KM 44, lalu padat di Cikarang Utama KM 30 sampai KM 28," kata petugas informasi PT Jasa Marga Aldo saat dihubungi, Rabu (20/6/2018).


Aldo menambahkan kemacetan itu disebabkan oleh kepadatan volume kendaraan. Pemberlakuan sistem one way ini dimulai sejak pukul 20.00 WIB dan sifatnya kondisional.

"Sampai pukul berapa kondisional. Namun jika malam sudah terurai akan dinormalkan kembali tergantung arus balik ke Jakartanya," jelasnya.

Sistem one way ini diberlakukan di ruas tol Cipali KM 237 sampai Palimanan. Kemudian dari Palimanan KM 188 sampai Cikopo, lalu dari Cikampek KM 72 hingga Halim KM 3.

Sebelumnya, pihak kepolisian lebih dulu memberlakukan sistem one way dari tol Cipali hingga gerbang tol Cikarang Utama. Kemudian, polisi memperpanjang dengan memberlakukan sistem tersebut dari tol Brebes menuju gerbang tol Palimanan.

"Saat ini juga sedang persiapan untuk one way traffic dari Brexit (di KM 268) dan akan menyambung ke GT Palimanan. Diperkirakan jam 19.30 WIB sudah dapat dimulai," terang Wakaposko Operasi Ketupat AKBP Arsal Sahban kepada detikcom pada pukul 19.24 WIB.



(ams/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed