DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 22:13 WIB

Menhub Tunggu Investigasi KNKT untuk Audit KM Sinar Bangun

Andhika Prasetia - detikNews
Menhub Tunggu Investigasi KNKT untuk Audit KM Sinar Bangun Foto: Andhika Prasetia/detikcom
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Bogor - Kemenhub akan melakukan audit penyebab tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba. Kemenhub masih menunggu hasil investigasi dari KNKT.

"Seperti yang disampaikan bapak presiden, kita akan lakukan audit KNKT dan audit akan jadi dasar melakukan evaluasi, tentang tata laksana dan bagaimana mengatur suatu pelayaran ini lebih baik," ujar Menhub Budi Karya Sumadi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/6/2018).

Pencarian korban hilang ditargetkan berjalan 7 hari. Sebanyak 5 tim juga dikerahkan dalam kejadian ini.


"Pertama tim pencarian pertolongan penanggungjawab dari Basarnas, ada kepolisian, TNI, dari unsur daerah. Yang ketiga adalah tim pencari fakta yaitu dari KNKT yang berusaha mencari tentang penyebab kecelakaan," ujar Budi.

"Tim 4 tim penanganan korban, tim yang melakukan penanganan terhadap korban meninggal dunia atau selamat. Tim kelima tim pemulangan korban, kalau ada beberapa korban yang harus dipulangkan atau meninggal ada tim khusus. Terakhir tim media," tambahnya.

KM Sinar Bangun tenggelam pada Senin (18/6). Korban yang hilang dilaporkan berjumlah 186 orang. Sebanyak 94 orang teridentifikasi, sedangkan 92 orang belum diketahui identitasnya.

Sementara itu, jumlah korban tewas dilaporkan menjadi 3 orang. Korban selamat disebutkan berjumlah 19 orang.

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/nkn)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed